Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FRAUD PENTAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021)

Fitriana, Fitriana (2023) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR FRAUD PENTAGON TERHADAP KECURANGAN LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2021). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (996kB)

Abstract

Fraud Pentagon Theory merupakan teori faktor-faktor yang dapat menimbulkan kecurangan laporan keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh financial stability, financial target, external pressure, institutional ownership, nature of industry, ineffective monitoring, quality of external audit, change in auditor, change in director, dan frequent number of CEO picture terhadap kecurangan laporan keuangan. Metode yang digunakan untuk mengukur kecurangan adalah metode Fraud Score (F-score). Populasi dalam penelitian ini adalah 72 perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan sampel terpilih sebanyak 14 perusahaan. Metode analisis data dengan cara dokumentasi data sekunder yang telah dikumpulkan. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial financial stability dan financial target berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Sedangkan external pressure, institutional ownership, nature of industry, ineffective monitoring, quality of external audit, change in auditor, change in director, frequent number of CEO picture secara parsial tidak berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan. Secara simultan seluruh variabel berpengaruh terhadap kecurangan laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fraud Pentagon Theory, Financial Stability, Financial Target, Kecurangan Laporan Keuangan, F-score.
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:57
Last Modified: 26 Jan 2023 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65677

Actions (login required)

View Item View Item