Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN WALI KOTA PEKANBARU NOMOR 626 TAHUN 2017 TENTANG PENETAPAN SEKOLAH RAMAH ANAK (MI UWAYS ALQORNI) KOTA PEKANBARU

Jihan Atika Khairiyah, Jihan (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN WALI KOTA PEKANBARU NOMOR 626 TAHUN 2017 TENTANG PENETAPAN SEKOLAH RAMAH ANAK (MI UWAYS ALQORNI) KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Uways Alqorni Kota Pekanbaru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 626 Tahun 2017 Tentang Penetapan Sekolah Ramah Anak (MI Uways Alqorni) Kota Pekanbaru dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dari Implementasi Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 626 Tahun 2017 Tentang Penetapan Sekolah Ramah Anak (MI Uways Alqorni) Kota Pekanbaru tersebut. Adapun jenis penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Melihat dari berdasarkan Peraturan Wali Kota Pekanbaru Nomor 626 Tahun 2017 Tentang Penetapan Sekolah Ramah Anak Kota Pekanbaru indikator yang digunakan untuk menjawab persoalan penelitian ini adalah kebijakan sekolah ramah anak, pelaksanaan kurikulum, pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak, sarana dan prasarana sekolah ramah anak, partisipasi anak, partisipasi orangtua, lembaga masyarakat, dunia usaha, pemangku kepentingan lainnya dan alumni. Hasil dari penelitian skripsi yang dilakukan penulis dapat dikatakan bahwa Madrasah Ibtidaiyah Uways Alqorni Pekanbaru sudah berjalan dengan bagus sesuai dengan kriteria penilaian sekolah ramah anak. Madrasah Ibtidaiyah Uways Alqorni juga dapat dijadikan contoh bagi sekolah yang ingin menjadi sekolah ramah anak. Dilihat dari pencapaian tujuan kebijakan dengan terpenuhinya sebagian hak-hak anak berdasarkan kebijakan yang diterapkan sekolah ramah anak, juga memiliki faktor yang mendukung untuk menjadi sekolah ramah anak untuk dapat mewujudkan program kota layak anak di kota Pekanbaru. Faktor pendukungnya yaitu adanya partisipasi dari anak, dan adanya komunikasi antara sekolah dan juga orang tua. Melakukan berbagai upaya untuk melakukan pencegahan dan penanganan semua bentuk kekerasan dan diskriminasi terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Kota Layak Anak, Sekolah Ramah Anak
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:38
Last Modified: 26 Jan 2023 08:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65666

Actions (login required)

View Item View Item