Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

LAMA PERENDAMAN MUTAGEN KOLKISIN TERHADAP KERAGAAN DAN PERTUMBUHAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI DATARAN RENDAH

JIHAN FAHIRA, - (0017) LAMA PERENDAMAN MUTAGEN KOLKISIN TERHADAP KERAGAAN DAN PERTUMBUHAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.) DI DATARAN RENDAH. Skripsi thesis, UIN SUSKA RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

LAMA PERENDAMAN MUTAGEN KOLKISINTERHADAP KERAGAAN DAN PERTUMBUHAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicumL.) DI DATARAN RENDAH Jihan Fahira (11880223304) Di bawah bimbingan Rosmaina dan Nida Wafiqah Nabila M. Solin INTISARI Kebutuhan bawah merah di Provinsi Riau masih mengandalkan dari daerah lain, karena sampai saat ini belum ada varietas yang adaptif dan berproduksi baik di Riau. Perbaikan tanaman dapat dilakukan melalui induksi mutasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat respon pemberian lama perendaman kolkisin terhadap pertumbuhan bawang merah varietas SS Sakato. Penelitian inimenggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri 3 kelompok dan 5 perlakuan lama perendaman yaitu 6 jam, 8 jam, 10 jam, 12 jam dan kontrol. Parameter yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah anakan, jumlah umbi, berat basah umbi, berat kering umbi, diameter umbi dan persentase panen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian konsentrasi 400 ppm dengan beberapa lama perendaman berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, berat basah, berat kering, diameter umbi dan persentase panen tetepi tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah daun, jumlah anakan dan jumlah umbi. Hasil koefisien keragaman yang terbentuk akibat mutasi kolkisin berkisar antara 52% - 59%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perendaman kolkisin 6 – 12 jam mampu menginduksi keragaman hingga 52% - 59%. Kata Kunci : heritabilitas, koefisien keragaman, poliploid, ragam fenotipe, ragam genetik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 630 Usaha Tani, Pertanian, Teknologi Pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Agroteknologi
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 26 Jan 2023 07:15
Last Modified: 26 Jan 2023 07:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65660

Actions (login required)

View Item View Item