Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI OPERASIONAL GUDANG LOGISTIK FARMASI MENGGUNAKAN METODE DISCRETE EVENT SIMULATION (Studi Kasus : Rumah Sakit Islam Ibnu Sina)

Yaumil Akbar, - (2023) EVALUASI OPERASIONAL GUDANG LOGISTIK FARMASI MENGGUNAKAN METODE DISCRETE EVENT SIMULATION (Studi Kasus : Rumah Sakit Islam Ibnu Sina). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali BAB IV.pdf

Download (34MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
File BAB IV (Pengumpulan dan Pengolahan Data).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Kinerja rumah sakit tidak luput dari pengaruh bagaimana operasional gudang rumah sakit itu berjalan. Operasional gudang logistif farmasi di Rumah Sakit Islam Ibnu Sina terdapat permasalahan berupa penumpukan kerja dan kekosongan stok barang. Discrete event simulation merupakan suatu proses perilaku sistem yang kompleks dan memiliki urutan yang teratur dari peristiwa yang telah di definisikan dengan baik (Dejan, 2020). Simulasi dilakukan menggunakan software Arena untuk mengevaluasi waktu siklus, tingkat produktivitas, dan tingkat utilitas pada operasional gudang bagian penerimaan barang dan pengeluaran barang. Proses yang disimulasikan yaitu proses bongkar barang, pengecekan barang dan faktur, validasi, posting barang ke sistem, penerbitan bukti transfer barang, menyediakan barang yang dipesan, dan serah terima barang. Semua proses tersebut dilakukan oleh satu orang koordinator logistik kecuali untuk aktivitas bongkar barang, dan penerbitan bukti transfer barang. Untuk proses menyediakan barang yang dipesan dibantu oleh operator penyimpanan. Hasil running simulation memperoleh solusi perbaikan dengan membagi pekerjaan pengecekan barang dan faktur dilakukan oleh operator pemesanan dan melakukan penambahan karyawan pada posting barang pada sistem. Solusi alternatif tersebut terbukti dapat mengurangi waktu siklus, serta meningkatkan produktivitas dan utilitas pada operasional gudang logistik farmasi Rumah Sakit Islam Ibnu Sina.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 26 Jan 2023 13:08
Last Modified: 26 Jan 2023 13:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65656

Actions (login required)

View Item View Item