Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PROTOTYPE PENGAMAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN RFID DAN BOT TELEGRAM SERTA MAGNETIC SWITCH SENSOR SEBAGAI SENSOR PINTU BERBASIS NODEMCU ESP8266

Muhammad Fikri Murlindra, - (2023) PROTOTYPE PENGAMAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN RFID DAN BOT TELEGRAM SERTA MAGNETIC SWITCH SENSOR SEBAGAI SENSOR PINTU BERBASIS NODEMCU ESP8266. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif kasim Riau.

[img]
Preview
Text
LAPORAN TA M FIKRI MURLINDRA (11850512411)FINAL REVISI With Watermark-Tanpa BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
LAPORAN TA M FIKRI MURLINDRA (11850512411)FINAL REVISI With Watermark - BAB IV dan Program Alat.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan Hasil pendataan Potensi Desa 2018 melalui Badan Statiska Nasional Indonesia (BSNI) menunjukkan bahwa secara umum, Setiap tahunnya pencurian/pembobolan pintu rumah merupakan jenis kejahatan yang paling banyak terjadi di desa/kelurahan di Indonesia. Salah satu kerugian masyarakat karena kejahatan pencurian ialah hilangnya barang-barang pribadi seperti: laptop, hp, uang dan lain-lain. Teknologi untuk menghindari pencurian rumah yaitu dibutuhkan salah satunya Pengaman pintu rumah menggunakan RFID dan Bot Telegram serta Magnetic Switch Sensor sebagai sensor pintu berbasis Nodemcu ESP8266. Akses buka tutup Prototype pengaman pintu rumah ini menggunakan kartu RFID dan Bot Telegram. Berdasarkan hasil dari percobaan yang dilakukan, kartu RFID hanya dapat terbaca oleh RFID reader ≤5cm dengan 10x percobaan dengan rentang jarak 1-8cm dengan tingkat keberhasilan diatas 70%. Bot telegram berfungsi sebagai pengontrol alat, pembuka tutup kunci pintu rumah (Solenoid Doorlock) dan juga bisa sebagai Notifikasi. Magnetic Switch sensor berfungsi sebagai sensor pintu, yang dimana nanti akan aktif apabila terdapat pintu terbuka secara ilegal lalu telegram akan mengirim notifikasi ke pemilik rumah. Push button digunakan untuk membuka pintu dari dalam rumah. Solenoid Doorlock dapat berfungsi dengan baik dan hanya dapat aktif bekerja jika mendapat tegangan inpu 9-24VDC. Kinerja dari alat tergantung kuat/lemahnya jaringan internet yang tersedia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:55
Last Modified: 27 Jan 2023 08:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65647

Actions (login required)

View Item View Item