NORVAN MUKHTAR, - (2023) PERFORMANSI SISTEM FREE SPACE OPTIC DENGAN SSWDM MIMO MENGGUNKAN TEKNIK MODULASI QPSK PADA BEBERAPA CUACA. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 20 (1). pp. 399-403. ISSN 2407-0939
|
Text
JURNAL FULL UPLOAD FIX.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sistem komunikasi Free Space Optic memiliki kecepatan akses data yang tinggi dibandingkan sistem komunikasi wireless lain. Sistem Free Space Optic ditransmisikan melalui udara, sehingga keadaan cuaca sangat mempengaruhi kinerja sistem. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh cuaca pada sistem Free Space Optik dengan teknologi SS-WDM-MIMO. Pada penelitian ini diperoleh daya input minimum dan jarak transmisi maksimum sistem SS-WDM MIMO pada beberapa kondisi cuaca, mencakup cuaca cerah, hujan ringan, hujan sedang, hujan berat, salju basah, salju kering, kabut tipis, kabut asap tipis, kabut tebal, dan kabut asap tebal. Teknik modulasi yang digunakan adalah QPSK. Berdasarkan hasil simulasi, sistem SS-WDM MIMO FSO dengan daya 0 dBm, dapat memberikan kinerja yang baik dalam berbagai kondisi cuaca, kecuali pada kondisi cuaca hujan berat dan kabut asap tebal. Daya minimum yang dibutuhkan sistem untuk dapat memberikan kinerja yang baik pada jarak 1 km pada kondisi cuaca hujan berat adalah 3 dBm, sedangkan pada kondisi cuaca kabut asap tebal adalah 9 dBm. Dengan daya sebesar 9 dBm, jarak transmisi maksimum sistem pada kondisi cuaca yang memiliki nilai redaman terkecil (cuaca cerah) dapat mencapai 13 km, sedangkan jarak transmisi maksimum untuk sistem dengan cuaca yang memiliki nilai redaman terbesar (cuaca kabut asap tebal) hanya mencapai 1 km. Kata Kunci: BER, FSO, Pengaruh Cuaca, QPSK, SS-WDM-MIMO
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 02:58 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 02:58 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65622 |
Actions (login required)
View Item |