Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA PROGRAM SARJANA UIN SUSKA RIAU

JIHAN SHOLEHAH, - (2023) HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA PROGRAM SARJANA UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DENGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING PADA MAHASISWA PROGRAM SARJANA UIN SUSKA RIAU Jihan Sholehah jihansholehah1902@gmail.com Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Banyaknya perubahan yang dirasakan mahasiswa di fase emerging Adulthood membuatnya harus menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut. Oleh karena itu, memiliki psychological well-being sangat penting bagi mahasiswa dalam menjalankan perkuliahan dengan sehat serta mampu memaksimalkan potensi yang dimilikinya secara penuh. Intensitas penggunaan media sosial diprediksi dapat memengaruhi tingkat psychological well-being mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan psychological well-being mahasiswa program sarjana UIN SUSKA Riau. Subjek penelitian ini 377 orang mahasiswa dengan teknik proportional sampling. Alat pengumpulan data diperoleh dari skala yang peneliti susun sendiri mengacu kepada aspek psychological well-being oleh Ryff & Singer (1996) dan aspek intensitas oleh Ajzen (2005). Berdasarkan analisis pearson correlation diperoleh nilai koefisien korelasi r = -0,440 signifikan p = 0,000 < 0,05 dan nilai r2 = 0,1936. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan psychological well-being pada mahasiswa. Dapat disimpulkan bahwa intensitas penggunaan media sosial menjadi salah satu faktor yang memengaruhi tingkat psychological well-being mahasiswa. Kata kunci: psychological well-being, intensitas penggunaan media sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: fpsi -
Date Deposited: 25 Jan 2023 07:54
Last Modified: 25 Jan 2023 07:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65591

Actions (login required)

View Item View Item