Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs

YULIANTI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN RESILIENSI MATEMATIS SISWA SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Yulianti, (2022): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa SMP/MTs Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di UPT SMP Negeri 3 Bangkinang masih tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis jika berdasarkan resiliensi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian factorial experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Bangkinang tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik tes, angket, observasi dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, angket resiliensi matematis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, 2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang memiliki resiliensi matematis tinggi, sedang dan rendah, 3) Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan resiliensi matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan resiliensi matematis siswa di UPT SMP Negeri 3 Bangkinang. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Resiliensi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:11
Last Modified: 25 Jan 2023 08:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65581

Actions (login required)

View Item View Item