Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LANGKAH- LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN PETA DI SMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA

ELLYA MUTHIA RAMADHANI, - (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LANGKAH- LANGKAH PENELITIAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN PETA DI SMA NEGERI 1 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ellya Muthia Ramadhani, (2023): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Langkah-langkah Penelitian Geografi dengan Menggunakan Peta Di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota Penelitian ini berawal dari rumusan masalah pengaruh penerapan model pembelajaran problem based instruction terhadap hasil belajar siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Penelitian ini megguakan rancangan nonequivalent pretestposttest control group design yang dilakukan terhadap dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Bangkinang Kota. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X10 yang berjumlah 37 orang sebagai kelas kontrol, dalam penelitian ini sampel ditentukan berdasarkan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik parametrik, dengan uji t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 55,54 menjadi 88,11 pada nilai postest. Maka terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran problem based instruction terhadap hasil belajar siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Bangkinang Kota adalah 58,64%. Kata Kunci: Hasil Belajar, PBI, Langkah-langkah Penelitian Geografi dengan Menggunakan Peta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Geografi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:51
Last Modified: 25 Jan 2023 08:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65576

Actions (login required)

View Item View Item