Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

Yoga Ardianto, Yoga (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI DI FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)

Abstract

Hampir dari semua kalangan telah menggunakan Instagram dalam kehidupannya sehingga berdampak pada komunikasi interpersonal mahasiswa. Dengan melihat banyaknya mahasiswa yang lebih asik dengan Instagram saat berkumpul bersama teman-teman, sehingga komunikasi interpersonal pada mahasiswa kurang terjalin dengan baik. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan instagram terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa ilmu komunikasi di fakultas dakwah dan komunikasi, Universitas Sultan Syarif Kasim Riau, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan anaisis data statistik yang bersifat regresi. Penelitian ini menggunkan teknik random sampling, yaitu 10% (80 orang responden) dari jumlah mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi angkatan 2017. Penelitian ini menggunkan teknik observasi dan menyebarkan kuesioner. Dalam persamaan regresi linier sederhana Setiap kali variabel penggunaan sosial media instagram bernilai nol maka variable komunikasi interpersonal bernilai 2,930. Setiap variable penggunaan media sosial instagram bernilai positif maka variable komunikasi interpersonal akan bertambah. Hasil perhitungan statistik R-square (koefisien determinasi) menunjukkan bahwa adanya pengaruh media sosial instgram terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa ilmu komunikasi secara signi fikan dengan nilai R-square 0,659 atau 65,9 dengan tingkat sinifikan. Selanjutnya nilai pada koefisien korelasi diperoleh sebesar 0,814 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian terdapat pengaruh penggunaan media sosial intagram terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa ilmu komunikasi Di Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Sultan Syarif Kasim Riau.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Sosial Instagram, dan komunikasi interpersonal
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 26 Jan 2023 08:34
Last Modified: 26 Jan 2023 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65526

Actions (login required)

View Item View Item