Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INVESTIGATING STUDENTS’ RESPONSES ON THE USE OF GAMES IN TEACHING SPEAKING (A Case Study at Language Development Centre of UIN SYAHADA Padangsidimpuan)

NONDANG SARI BULAN LUBIS, - (2023) INVESTIGATING STUDENTS’ RESPONSES ON THE USE OF GAMES IN TEACHING SPEAKING (A Case Study at Language Development Centre of UIN SYAHADA Padangsidimpuan). Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
THESIS FUL KECUALI BAB IV NONDANG SARI BULAN LUBIS.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
THESIS BAB IV NONDANG SARI BULAN LUBIS.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (937kB)

Abstract

ABSTRAK Nondang Sari Bulan Lubis (2023): Menginvestigasi Respon-Respon Mahasiswa tehadap Penggunaan Permainan dalam Pembelajaran Berbicara (Studi Kasus di Pusat Pengembangan Bahasa UIN SYAHADA Padangsidimpuan) Penelitian kualitatif ini dilakukan untuk menginvestigasi respon-respon mahasiswa tehadap penggunaan permainan dalam pembelajaran berbicara di Pusat Pengembangan Bahasa UIN SYAHADA Padangsidimpuan. selanjutnya, secara khusus penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian: 1) Apa tanggapan siswa tentang penggunaan permainan dalam pengajaran berbicara? 2) Mengapa siswa memberikan tanggapan tersebut pada penggunaan permainan dalam pengajaran berbicara? Pesertanya adalah mahasiswa bahasa Inggris semester pertama di ruang 1, 2, dan 12 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Data dikumpulkan dari berbagai sumber seperti melakukan observasi kelas dan wawancara terbuka. Data dianalisis secara kualitatif untuk mendeskripsikan tanggapan siswa tentang penggunaan permainan dalam pengajaran berbicara dan untuk menggali alasan siswa dalam memberikan tanggapan tersebut tentang penggunaan permainan dalam pengajaran berbicara. Hasil analisis menyimpulkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang beragam terhadap penggunaan permainan dalam pengajaran khususnya dalam pengajaran berbicara. Mereka cenderung memberikan respon positif terhadap penggunaan game jika game tersebut menarik dan mereka memberikan respon negatif jika game tersebut tidak menarik. Siswa terkadang merasa tidak tertarik, lelah, dan cemas dengan penggunaan permainan dalam pengajaran berbicara. Hal ini mereka rasakan karena permainan terkadang kekanak-kanakan, guru sering mengulang permainan yang sama tanpa memberikan variasi, guru tidak menjelaskan aturan dengan jelas, dan mereka lelah pada saat itu. Dengan adanya penggunaan permainan membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran berbicara dan siswa dapat mempraktekkan materi yang dipelajari dengan perasaan yang jelas. Selain itu, dengan adanya permainan siswa dapat meningkatkan daya ingat terhadap materi yang dipelajari, permainan dapat membuat belajar menjadi lebih mudah, tidak membosankan, dan lebih menyenangkan. Temuan dari penelitian ini memberikan wawasan dan rekomendasi untuk otoritas terkait serta membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut tentang tanggapan siswa yang menyelidiki penggunaan permainan dalam pengajaran berbicara dan konteks serupa lainnya. Kata kunci: Respon Mahasiswa, Permainan, Pengajaran Speaking

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:50
Last Modified: 25 Jan 2023 02:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65502

Actions (login required)

View Item View Item