Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KUALITAS WEBSITE MEDIACENTER MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

ADITYA SYAIFUDDIN, - (2023) ANALISIS KUALITAS WEBSITE MEDIACENTER MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA). Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN(BAB IV).pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ADITYA SYAIFUDDIN (2023) : ANALISIS KUALITAS WEBSITE MEDIACENTER MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) Perkembangan teknologi informasi berbanding lurus dengan pesatnya pertumbuhan media informasi. Mediacenter adalah situs berita resmi dari Kabupaten Siak yang berfokus pada penyajian berita informasi seputar Kabupaten Siak, baik dalam bentuk portal berita, artikel, gambar maupun video. Mediacenter Kabupaten Siak berada dibawah naungan Diskominfo Siak. Oleh sebab itu dalam pemanfaatannya perlu dilakukan evaluasi untuk meningkatkan kualitas website. Terdapat beberapa permasalahan pada website Mediacenter seperti tampilan yang kurang menarik, terdapat informasi yang tidak akurat, terdapat ketidaksesuaian isi dan judul halaman dan kurang update. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kualitas website berdasarkan kepuasan pengguna menggunakan metode Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini melibatkan 96 responden. Hasil analisis tingkat kesesuaian berada dibawah 100% dengan rata-rata keseluruhan sebesar 69% yang berarti website belum memenuhi harapan pengguna. Hasil analisis tingkat kesenjangan bernilai negatif dengan nilai -1,15 yang artinya website belum memenuhi keinginan pengguna. Hasil kuadran IPA menunjukkan bahwa atribut yang menjadi prioritas utama untuk dilakukan perbaikan adalah atribut nomor 3, 4, 5, 6, 11 dan 21. Hasil analisis CSI menunjukkan nilai sebesar 65,83% yang menunjukkan bahwa pengguna merasa cukup puas dengan kinerja website. Karena masih ada masalah dengan kegunaan, kualitas informasi, dan interaksi pengguna, dapat dikatakan bahwa pengguna tidak sepenuhnya puas dengan kinerja situs saat ini. Kata Kunci: Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Mediacenter, Website, Webqual 4.0

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:42
Last Modified: 25 Jan 2023 03:42
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65485

Actions (login required)

View Item View Item