Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengembangan Media Pop Up Book Stik pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas II SDN 004 Pulau Birandang Kabupaten Kampar

Putri Savera, - (2023) Pengembangan Media Pop Up Book Stik pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas II SDN 004 Pulau Birandang Kabupaten Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)

Abstract

ABSTRAK Putri Savera (2022): Pengembangan Media Pop Up Book Stik pada Materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian Kelas II SDN 004 Pulau Birandang Kabupaten Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan media dalam pembelajaran di kelas II SD; 2) Kebutuhan media Pop Up Book Stik pada materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian; 3) Spesifikasi media Pop Up Book Stik pada materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian; 4) Desain media Pop Up Book Stik pada materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian; 5) Validitas media Pop Up Book Stik pada materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian; 6) Praktikalitas media Pop Up Book Stik pada materi Operasi Hitung Perkalian dan Pembagian. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan dengan empat tahap yakni: analysis, design, development and evaluation. Subjek dari penelitian ini adalah 1 guru dan 6 siswa dengan menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran di kelas hanya menggunakan benda-benda disekitar seperti lidi, sempoa; 2) Pembelajaran Matematika memerlukan alat bantu berupa media Pop Up Book Stik agar siswa mudah memahami materi; 3) Spesifikasi media Pop Up Book Stik, media yang akan dikembangkan berupa buku dengan kriteria full colour, dan di dalamnya terdapat bangunan ruang 3 dimensi; 4) Desain menggunakan aplikasi Corel DRAW untuk membuat mockup media; 5) Pengembangan media Pop Up Book Stik divalidasi oleh tiga ahli materi, tiga ahli bahasa, dan tiga ahli media. Dari ahli materi diperoleh nilai validasi sebesar 95,4% dengan kategori sangat layak, dari ahli bahasa diperoleh nilai validasi sebesar 98,6% dengan kategori sangat layak dan dari ahli media diperoleh nilai validasi sebesar 88,9% dengan kategori sangat layak; 6) Uji praktikalitas media, dilakukan kepada satu guru dan enam siswa. Uji praktikalitas media pada guru diperolah hasil sebesar 100% dengan kategori sangat praktis dan uji praktikalitas media pada siswa diperoleh hasil sebesar 96,5% dengan kategori sangat praktis. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pop Up Book Stik, Penelitian Pengembangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 05:07
Last Modified: 25 Jan 2023 05:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65483

Actions (login required)

View Item View Item