Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERRAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA TEMA PAHLAWANKU MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU

GUSTIN MILASTRI, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KETERRAMPILAN KOMUNIKASI SISWA PADA TEMA PAHLAWANKU MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV MI AULIA CENDEKIA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI GUSTIN MILASTRI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gustin Milastri, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa pada Tema Pahlawanku Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini mengkaji tentang model pembelajaran jigsaw untuk mendeskripsikan kemampuan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada muatan pelajaran tematik melalui model pembelajaran jigsaw di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah guru dan siswa, objeknya adalah model pembelajaran jigsaw dan keterampilan komunikasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, keterampilan komunikasi siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari grafik peningkatan keterampilan komunikasi siswa secara klasikal dari pra-siklus hingga siklus II. Keterampilan komunikasi siswa sebelum dilakukannya tindakan perbaikan pembelajaran atau pada pra-siklus hanya mencapai nilai rata-rata 48,49 atau berada pada kategori kurang terampil. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I nilai rata-ratanya meningkat menjadi 65,27% dengan kategori terampil. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II keterampilan komunikasi siswa kembali meningkat dengan nilai rata-rata 80,78% dengan kategori sangat terampil. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Aulia Cendekia Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Keterampilan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:24
Last Modified: 25 Jan 2023 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65480

Actions (login required)

View Item View Item