Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU

WAHYUNI ISLAMI, - (2023) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PGRI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI WAHYUNI ISLAMI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Wahyuni Islami, (2023): Pengaruh Pengololaan Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas PGRI Pekanbaru. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Tarbiyah Dan keguruan,Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. 2022 Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran ekonomi dikarenakan pengelolaan kelas yang kurang optimal sehingga rendahnya minat belajar siswa dikelas pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaa kelas terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi, penelitian ini ditujukan kepada seluruh siswa kelas XI IPS sebanyak 35 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis metode korelasional, instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan menggunakan skala likert pada variabel X dan variabel Y. Adapun teknik analisis data yaitu menggunakan uji normalitas, uji lineritas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada pengelolaan kelas dan minat belajar belajar siswa kelas XI IPS di SMA PGRI Pekanbaru yang terbukti dari hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa r hitung lebih besar apabila dibandingkan dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dan 1% dimana r hitung > r tabel (0,3338< 0,520 >0,4296) artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Adapun persentase pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar siswa adalah sebesar 27,1% sedangkan sisanya sebesar 72,9% sipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam peneltian ini. Sehingga dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pelajaran ekonomi adalah dengan melaksanakan pengelolaan kelas dengan baik. Kata kunci: pengelolaan kelas, minat belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 03:08
Last Modified: 25 Jan 2023 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65476

Actions (login required)

View Item View Item