Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PELAYANAN SIMKAH DI KUA SE-KOTA PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE EUCS

CALVIDHEA GRESIFA, - (2023) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PELAYANAN SIMKAH DI KUA SE-KOTA PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE EUCS. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (KECUALI BAB IV)
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENENLITIAN (BAB IV).pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview

Abstract

CALVIDHEA GRESIFA (2023) : ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PELAYANAN SIMKAH DI KUA SE-KOTA PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE EUCS Sistem Informasi Manajeman Nikah atau SIMKAH merupakan sebuah program aplikasi komputer berbasis web yang berguna untuk mengumpulkan data-data nikah dari seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) di Wilayah Republik Indonesia secara online maupun offline. Data tersimpan dengan aman di KUA setempat, di Kabupaten atau Kota di Kantor Wilayah Provinsi dan di Bimas Islam yang sudah diterapkan dari tahun 2019. Selama penerapannya, ditemukan kendala yaitu sering terjadi error pada sistem dan tidak dapat diakses, format cetak dari sistem dengan potongan atau ukuran kertas buku nikah tidak sesuai, serta kesalahan data saat melakukan backup data oleh petugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kepuasan pengguna terhadap SIMKAH di KUA Se-Kota Pekanbaru berdasarkan variabel EUCS yaitu variabel Content, Accuracy, Format, Ease of Use, dan Timeliness. Pengolahan data menggunakan teknik SEM-PLS dengan bantuan tools Smart-PLS. Responden penelitian ini adalah pegawai yang menjadi staf di bagian admin di tiap KUA yang ada di Pekanbaru dengan 11 KUA dan total responden 32 orang. Hasil penelitian dilihat dari nilai T-Statistik menunjukkan bahwa 4 Hipotesis diterima (T-Tabel>1,960) yaitu Content (C) terhadap User Satisfaction (US), Easy of Use (E) terhadap User Satisfaction (US), Format (F) terhadap User Satisfaction (US), dan Timeliness (T) terhadap User Satisfaction (US) serta 1 Hipotesis ditolak (T-Tabel<1,960) yaitu Accuracy (A) terhadap User Satisfaction (US). Rekomendasi dari penelitian yaitu dengan penambahan pemberitahuan update sistem dan fitur edit form untuk calon pengantin, penambahan tata cara penggunaan SIMKAH yaitu peningkatan kualitas server, penambahan fitur tracking, dan mempercepat proses pengajuan jadwal nikah. Kata Kunci: SIMKAH, Kepuasan, EUCS, SEM-PLS

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:07
Last Modified: 25 Jan 2023 01:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65464

Actions (login required)

View Item View Item