Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS OPEN ENDED TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP/MTS

BETI WULANDARI, - (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS OPEN ENDED TERINTEGRASI NILAI KEISLAMAN PADA MATERI HIMPUNAN UNTUK SISWA SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

ABSTRAK Beti Wulandari, (2022): Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Open Ended Terintegrasi Nilai Keislaman pada Materi Himpunan untuk Siswa SMP/MTs. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang dapat menanamkan nilai keislaman pada siswa dan dapat membantu siswa memahami himpunan. Studi ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja siswa (LKS) berbasis open ended terintegrasi nilai keislaman pada materi himpunan untuk siswa SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp meliputi fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, fase tes, evaluasi dan revisi, fase implementasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP IT Mahabbatina. Objek penelitian ini adalah LKS berbasis open ended terintegrasi nilai keislaman. Teknik pengumpulan data berupa teknik angket, tes dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis. Analisis validitas dan praktikalitas dilakukan dengan menghitung rata-rata nilai dan membandingkannya dengan kriteria kevalidan dan kepraktisan. Sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t untuk melihat keefektifan LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis open ended terintegrasi nilai keislaman dinyatakan dalam kategori sangat valid, sangat praktis dan efektif. LKS berbasis open ended terintegrasi nilai keislaman ini dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung pembelajaran matematika materi himpunan. Kata Kunci: Himpunan, Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Plomp, Open Ended.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 25 Jan 2023 08:14
Last Modified: 25 Jan 2023 08:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65453

Actions (login required)

View Item View Item