Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SDN 024 TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR

EGA MIRANDA, - (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SDN 024 TARAI BANGUN KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (901kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI EGA MIRANDA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ega Miranda, (2022) : Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V SDN 024 Tarai Bangun Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berkomunikasi pada tema lingkungan sahabat kita melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5e di kelas V SDN 024 Tarai Bangun Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berkomunikasi antar siswa dengan siswa lainnya dan siswa dengan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran learning cycle 5e dan keterampilan berkomunikasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 5e dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum dilakukan tindakan keterampilan berkomunikasi hanya mencapai 56,00% atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan pada siklus I nilai rata-rata keterampilan berkomunikasi meningkat menjadi 74,02% atau berada pada kategori cukup. Kemudian pada siklus II, keterampilan berkomunikasi mengalami peningkatan menjadi 89,75% atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran learning cycle 5e pada tematik tema lingkungan sahabat kita dapat meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa di kelas V SDN 024 Tarai Bangun Kabupaten Kampar. Kata kunci: Model Learning Cycle 5E, Keterampilan Berkomunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2023 09:22
Last Modified: 24 Jan 2023 09:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65449

Actions (login required)

View Item View Item