Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERDAYAAN UNIT USAHA BERBASIS PONDOK PESANTREN MENURUT EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AS-SALAM NAGA BERALIH)

AIDIL MAHENDRA, - (2022) PEMBERDAYAAN UNIT USAHA BERBASIS PONDOK PESANTREN MENURUT EKONOMI SYARIAH (STUDI KASUS PONDOK PESANTREN AS-SALAM NAGA BERALIH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AIDIL MAHENDRA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aidil Mahendra (2022): Pemberdayaan Unit Usaha Berbasis Pondok Pesantren Menurut Ekonomi Syariah (Studi Kasus Pondok Pesantren As-salam Naga Beralih) Pengelolaan ekonomi yang protektif sangat diperlukan dalam pengelolaan ekonomi pesantren. Konsep dari manajemen itu merupakan suatu rangkaian dan proses aktivitas (termasuk perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada peningkatan dan pengembangan sumber daya organisasi untuk mencapai hasil dan tujuannya dengan cara yang efektif dan efisien. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana pemberdayaan unit usaha berbasis Pondok Pesantren menurut ekonomi syariah dan bagaimana perspektif ekonomi syariah mengenai pemberdayaan unit usaha berbasis Pondok Pesantren? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen unit usaha berbasis perlindungan ekonomi di Pondok Pesantren As-salam menurut ekonomi syariah. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, data primer yaitu data yang diperoleh secara langsung dari sumber aslinya yang berupa wawancara, data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui hasil pengelolaan pihak kedua seperti web, jurnal dan penelitian terdahulu. Berdasarkan hasil penelitian, Pondok Pesantren As-salam telah menerapkan manajemen unit usaha berbasis perlindungan unit usaha yang diperankan oleh yayasan, santri, staff dan guru. Beberapa prinsip Pondok Pesantren As-salam untuk mewujudkan manjemen unit usaha berbasis perlindungan ekonomi yaitu pembagian kerja, wewenang dan tanggung jawab dan disiplin. Konsep penerapan manejemen unit usaha berbasis perlindungan ekonomi di Pondok Pesantren As-salam: kantin, koperasi, laundry. Kegiatan usaha dan manajemen yang dijalankan di Pondok Pesantren Assalam Naga Beralih Airtiris sudah sesuai dengan perspektif ekonomi syariah, sistem manajemen dan produk yang dijual pada unit usaha berkualitas baik. Karyawan dan penjaga unit usaha di Pondok Pesantren As-salam juga ramah, sopan serta tidak ada kebohongan, penipuan dan yang menyimpang dengan ajaran Agama Islam. Kata kunci: Manajemen, perlindungan, ekonomi, pesantren, usaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2023 09:14
Last Modified: 24 Jan 2023 09:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65447

Actions (login required)

View Item View Item