Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

THE EFFECT OF USING CLUSTERING TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS’ WRITING ABILITY AT THE FIRST GRADE COMPUTER NETWORK ENGINEERING MAJOR OF STATE VOCATIONALHIGH SCHOOL 1 LEMBAH MELINTANG

DAHLIANA SARI, - (2022) THE EFFECT OF USING CLUSTERING TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS’ WRITING ABILITY AT THE FIRST GRADE COMPUTER NETWORK ENGINEERING MAJOR OF STATE VOCATIONALHIGH SCHOOL 1 LEMBAH MELINTANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img]
Preview
Text
THESIS DAHLIANA SARI.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Dahliana Sari, (2022): Pengaruh dari Teknik Clustering Terhadap Kemampuan Siswa dalam menulis Teks Deskripsi pada Kelas Pertama Teknik Komputer Jaringan di SMK N 1 Lembah Melintang. Penelitian ini dilakukan berdasarkan studi pendahuluan pada siswa kelas X TKJ SMK N 1 Lembah Melintang yang menunjukkan beberapa masalah menulis yang dihadapi siswa seperti kebingungan dalam menulis, kesulitan memulai proses awal menulis, dan kesulitan menyusun gagasan. Dari situasi tersebut, peneliti menggunakan teknik Clustering untuk membantu siswa dalam proses menulis. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah adanya pengaruh yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi sebelum dan sesudah di ajari dengan menggunakan teknik Clustering serta untuk menemukan seberapa besar efekdari penggunaan teknik Clustering pada kemampuan siswa menulis teks dekripsi. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental berupa satu kelompok pre-test dan post-test dengan pendekatan kuantatif. Sampel dari penelitian ini adalah seluruh populasi dari penelitian yaitu siswa kelas X TKJ di SMK N 1 Lembah Melintang yang terdiri atas satu kelas (34 siswa) dengan menggunakan Purposive sampel. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes menulis untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi. Analisis data dilakukan dengan uji non parametrik karena data berdistribusi tidak normal. Namun, data diinterpretasikan dengan menggunakan Wilcoxon pada program SPSS versi 23.0. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa setelah diajar menggunakan teknik Clustering (81.5) lebih tinggi dibandingkan sebelum diajar menggunakan teknik Clustering (52.35). Kesimpulannya, penggunaan teknik Clustering menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi pada kelas X TKJ SMK N 1 Lembah Melintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 24 Jan 2023 09:10
Last Modified: 24 Jan 2023 09:10
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65446

Actions (login required)

View Item View Item