Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TUGAS DAN FUNGSI DISPERINDAG BIDANG PASAR KOTA PEKANBARU DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DITINJAU DARI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 114 TAHUN 2016 (STUDI PASAR PANAM)

Ramadhana Hasibuan, - (2022) TUGAS DAN FUNGSI DISPERINDAG BIDANG PASAR KOTA PEKANBARU DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DITINJAU DARI PERATURAN WALIKOTA PEKANBARU NOMOR 114 TAHUN 2016 (STUDI PASAR PANAM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV..pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ramadhana Hasibuan,(2022): Tugas dan Fungsi Disperindag Bidang Pasar Kota Pekanbaru Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Ditinjau Dari Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 114 Tahun 2016 (Studi Pasar Panam) Berdasarkan Peraturan Walikota Nomor 114 Tahun 2016 tentang Kedudukan Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Pekanbaru, Pasal 20 ayat 1 dan 2 yang menegaskan bahwa tugas dan fungsi yaitu mengorganisasikan, membina, merumuskan, perencanaan, pengembangan pasar, penyelesaian masalah ketertiban dan kebersihan, pengaturan retribusi, penyiapan buku registrasi pedagang. Namun kenyataannya belum terorganisasi dengan baik, belum terbina dengan baik, belum baik dalam pengembangan pasar, kurangnya pengaturan retribusi, dan tidak ada buku registrasi pedagang. Hal ini tentu saja mempengaruhi registrasi pelayanan pasar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tujuan dari penelitian ini yaitu menambah wawasan masyarakat terhadap Peran Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bidang Pasar pada Pasar Panam Kota Pekanbaru Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Pekanbaru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis (empiris) yaitu penelitian lapangan (field researchi) yang dilakukan di Pasar Tradisional di Kota Pekanbaru, yaitu Pasar Simpang Baru atau Pasar Panam di Jalan Budi Daya, Tuah Karya, Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru, dengan menggunakan data primer dan sekunder atau data yang diperoleh langsung dari tempat wawancara yang dilakukan kepada Kabid pasar, Kasi retribusi, Kepala UPTD dan Pedagang. Dan kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan tugas dan fungsi nya terhadap Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 114 Tahun 2016 belum dilakukan secara menyeluruh. Seperti belum terorganisasi dengan baik, belum terbina dalam ketertiban dan kebersihan, belum terorganisasi dalam pengawasan pelaksanaan penerimaan retribusi pengelolaan pasar.Hasil penerimaan retribusi dua tahun terakhir ini menurun karena belum terlaksananya tugas dan fungsi Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bidang Pasar,selain itu tertekan juga dikarenakan pasar rakyat mulai ditinggal pembeli, akibat menjamurnya pasar kaget di setiap kelurahan yang ada di pekanbaru, sehingga retribusi masih belum bisa dipungut secara maksimal. Kata kunci: Tugas, Disperindag, Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2023 09:08
Last Modified: 24 Jan 2023 09:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65443

Actions (login required)

View Item View Item