Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HARGA DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HERBAL PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (HPAI) DITINJAU DARI EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus: HNI Bc. Pekanbaru 4 Jalan Melati Kecamatan Tampan)

SITI ROSMAWATI, - (2023) PENGARUH HARGA DAN LABEL HALAL TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HERBAL PENAWAR ALWAHIDA INDONESIA (HPAI) DITINJAU DARI EKONOMI SYARI’AH (Studi Kasus: HNI Bc. Pekanbaru 4 Jalan Melati Kecamatan Tampan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI ROSMAWATI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Siti Rosmawati (2022): Pengaruh Harga Dan Label Halal Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) Ditinjau Dari Ekonomi Syari’ah Indonesia memiliki penduduk mayoritas muslim, sehingga menjadi pasar yang menggiurkan untuk produk kosmetik yang memiliki label halal. Tidak hanya label halal saja yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk, tetapi harga juga mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh harga dan label halal secara simultan terhadap minat pembelian produk kosmetik Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI), (2) Untuk mengetahui pengaruh harga dan label halal berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat pembelian produk kosmetik Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI), (3) Untuk mengetahui pengaruh harga dan label halal terhadap minat pembelian produk kosmetik Herbal Penawar Alwahida Indonesia (HPAI) ditinjau dari Ekonomi Syari‟ah. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dilakukan di HNI BC Pekanbaru 4 Jalan Melati Kecamatan Tampan Pekanbaru, dan subjeknya konsumen kosmetik di cabang HPAI Jalan Melati. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 3.728 orang dengan menggunakan rumus slovin dan ditetapkan sampel sebanyak 97 orang dengan menggunakan teknik proportional sampling. Variabel bebas yaitu harga (X1) dan label halal (X2), variabel terikat (Y) minat pembelian. teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data menggunakan uji regresi linier berganda dan diuji menggunakan SPSS 16. Hasil penelitian menggunakan uji regresi linier berganda didapat bahwa Y = 1,887 + 0,206X1 + 0,849X2. Dari hasil uji f dimana fhitung > ftabel yaitu 123,674 > 3,09, artinya H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga variabel harga dan label halal secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap minat pembelian. Dari hasil uji t dimana thitung > ttabel yaitu 3,157 > 1,98552, artinya variabel harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian kosmetik. Dari hasil uji t thitung > ttabel yaitu 10,926 > 1,98552, artinya variabel label halal secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian kosmetik. Berdasarkan hasil pembahasan di atas diketahui bahwa pengaruh harga terhadap minat pembelian produk kosmetik HPAI sesuai dengan ekonomi syariah, karena pembelian produk HPAI harganya sesuai dengan kualitas dan memiliki manfaat yang lebih baik dibanding produk yang lain. Sedangkan pengaruh label halal terhadap minat pembelian produk kosmetik HPAI sesuai dengan ekonomi syariah, karena sudah memperhatikan aspek manfaat tidak merusak kulit karena terbuat dari bahan-bahan alami dan sudah memperhatikan label halal sebelum membeli. Kata Kunci: Harga, Label Halal dan Minat Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2023 08:16
Last Modified: 24 Jan 2023 08:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65427

Actions (login required)

View Item View Item