Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH

HESTI VELA SAPUTRI, - (2023) PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI PERSPEKTIF EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (855kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HESTI VELA SAPUTRI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hesti Vela Saputri : Pengaruh Kepemimpinan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi Perspektif Ekonomi Syariah Kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi dapat dipengaruhi oleh kepemimpinan dan lingkungan kerja. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kepemimpinan dan lingkungan keja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi secara parsial dan simultan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi menurut perspektif ekonomi islam. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 48 orang, karena jumlah sedikit maka semua populasi dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program SPSS 26. Hasil penelitian ini mendapatkan bahwa kepemimpinan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi yaitu sebesar 4,984 dan signifikasi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Lingkungan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi yaitu sebesar 3,083 dan signifikasi sebesar 0,003 lebih kecil dari 0,05. Secara simultan kepemimpinan dan lingkungan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi sebesar 3,200 dan signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05 . Gaya kepemimpinan yang diterapkan oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi secara umum sudah sangat baik sebagaimana yang disebutkan dalam QS Anbiya ayat 73, dimana disebutkan bahwa Allah SWT menjadikan manusia sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk agar berbuat kebaikan. Kemudian lingkungan kerja di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuantan Singingi secara keseluruhan juga sangat baik sebagai mana sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Tarmizi bahwa Allah SWT itu menyukai kebersihan dan keindahan. Kata Kunci : Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Kinerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:03
Last Modified: 24 Jan 2023 04:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65423

Actions (login required)

View Item View Item