Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGGUNAAN HADITS DHA’IF DALAM SURAH AL-BAQARAH (KAJIAN TAFSIR FI ZHILAL AL-QURAN)

Nurmala, - (2023) ANALISIS PENGGUNAAN HADITS DHA’IF DALAM SURAH AL-BAQARAH (KAJIAN TAFSIR FI ZHILAL AL-QURAN). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
tesis cover - biodata lengkap tanpa bab IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Nurmala(2022): Analisis Penggunaan Hadits Dhaif Dalam Surah Al-Baqarah (kajian Tafsir Fi Zhilal Al-Quran) Penafsiran ayat-ayat al-Quran dengan hadits Nabi saw merupakan metode penafsiran yang populer dikalangan para mufassir, di antaranya tafsir Karya Sayyid Qutb yang berjudul “Fi Zhilal Al-Quran”. Berdasarkan penelitian penulis, terdapat 639 hadits yang dinukil oleh Sayyid Qutb dengan kualitas hadits yang berbeda-beda, yaitu shahih, hasan dan dha’if. Hadits-hadits tersebut menjadi objek penelitian penulis mengingat kitab tafsir Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an yang disebut dengan “tafsir pergerakan” merupakan salah satu kitab tafsir populer dan menjadi rujukan penting dalam pergerakan dakwah di Indonesia. Penulis meneliti hadits-hadits yang dibatasi dalam surah al-Baqarah sebanyak sembilan hadits berkualitas dha’if. Hal tersebut untuk mengetahui bagaimana pandangan ulama dalam mengamalkan hadits dha’if dan alasan Sayyid Quthb mengutip hadits-hadits tersebut dalam kitab tafsirnya. Penelitian ini dikategorikan ke dalam motode penelitian kepustakaan (library research), karena objek material penelitian ini menggunakan bahan-bahan tulis kepustakaan seperti kitab hadits dan buku-buku kategori ulumul hadits. Penelitian ini menggunakan metode takhrij, yaitu menunjukan atau mengemukakan letak asal hadits pada sumber yang asli, yakni berbagai kitab yang didalamnya dikemukakan hadits itu secara lengkap dengan sanadnya masing-masing. Studi analisis penggunaan hadits dhaif dalam surah al-baqarah (kajian Tafsir Fi Zhilal Al-Quran) menghasilkan beberapa kesimpulan; Pertama, terdapat 9 hadits hadits dha’if yang diteliti pada surah al-Baqarah, 2 hadits mudhtharib, 2 hadits majhul, satu hadits mudallas yang naik derajatnya menjadi hasan, 1 hadits munqathi’, 1 hadits mursal, 1 hadits bathil, dan satu hadits dha’if yang naik derajatnya menjadi hadits hasan shahih. kedua, Sayyid Quthb mengutip hadist dha’if di dalam kitab tafsirnya hanya sebagai dalil pendukung bukan dalil utama.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 26 Jan 2023 03:29
Last Modified: 26 Jan 2023 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65409

Actions (login required)

View Item View Item