Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH PADA WILAYAH KERJA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA ) KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR PERSFEKTIF MAQASHID AL-SYARI’AH

MUHAMMAD ZEN, MZ (2023) PEMBINAAN KELUARGA SAKINAH PADA WILAYAH KERJA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA ) KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR PERSFEKTIF MAQASHID AL-SYARI’AH. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
Muhammad Zen -Tanpa Bab IV (1).pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV zen.pdf

Download (551kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tentang banyaknya permasalahan keluarga yang di hadapi oleh masyarakat sehigga tujuan berkeluarga yaitu mendambakan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah sulit dicapai, serta ingin melihat bagaimana pembinaan keluarga sakinah yang dilakukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA ) dalam melaksanakan keputusan menteri agama tentang gerakan keluarga sakinah. Sumber data yang yang penulis gunakan adalah sumber data primer. lokasi penelitian ini berada di KUA Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Adapun permasalahan yang penulis rumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pembinaan Keluarga Sakinah Pada Wilayah Kerja Kantor Urusan Agama Kecamatan Kampa, Apa faktor mempengaruhi Efektivitas Pembinaan Keluarga Sakinah, Bagaimana tinjauan Maqashid al-syari’ah terhadap pembinaan keluarga sakinah diwilayah kerja KUA Kecamatan Kampa. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui efektivitas program pembinaan keluarga sakinah di wilyah kerja KUA Kecamatan Kampa, Mengetahui faktor mempengaruhi Efektivitas Pembinaan Keluarga Sakinah Pada Wilayah Kerja Kantor Urusan Agama, dan Mengetahui tinjauan Maqashid al-syari’ah terhadap pembinaan keluarga sakinah diwilayah kerja KUA Kecamatan Kampa Ditinjau dari sisi Maqashid Al-Syari’ah tentang pembinaan dan bimbingan yang dilakukan oleh KUA dalam melaksanakan program keluarga sakinah, maka diketahui bahwa KUA telah melaksanakan ketentuan dalam petunjuk pelaksana pembinaan keluarga sakinah. Jika ditinjau dari lima unsur pokok dalam konsep maqashid alsyari‘ah yang terdiri dari hifz al-din (memelihara agama ), hifz al-nafs (memelihara jiwa ), hifz al-‘aql (memelihara akal ), hifz al-nasl (memelihara keturunan ), hifz al- mall (memelihara harta ) maka, Pembinaan keluarga sakinah yang dimaksudkan untuk mewujudkan keluarga yang bahagia, sesuai dengan beberapa konsep maqashid alsyari‘ah yang berupa pemeliharaan agama, pemeliharaan jiwa dan pemeliharaan keturunan atau dalam istilah ulama’ lain menjaga kehormatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 25 Jan 2023 04:43
Last Modified: 25 Jan 2023 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65402

Actions (login required)

View Item View Item