Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI TOKOH MASYARAKAT TERHADAP ZAKAT SARANG BURUNG WALET DI DESA SUNGAI SEGAJAH MAKMUR KECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR

MUHAMMAD ROMI SAPUTRA, - (2023) PERSEPSI TOKOH MASYARAKAT TERHADAP ZAKAT SARANG BURUNG WALET DI DESA SUNGAI SEGAJAH MAKMUR KECAMATAN KUBU KABUPATEN ROKAN HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
kecuali bab 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan masyarakat Desa Sungai Segajah Makmur Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir tentang adanya zakat yang harus dikeluarkan terhadap sarang burung walet serta pelaksanaan zakat penjualan hasil dari sarang burung walet Di Desa Sungai Segajah Makmur Kecamatan Kubu belum sesuai dengan ketentuan yang ada dan masih dalam skala minimum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap zakat sarang burung walet di Desa Sungai Segajah Makmur Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang yang terdiri dari 1 orang kepala desa sungai segajah makmur, 1 orang pengurus masjid, 2 orang masyarakat desa dan 4 orang tokoh masyarakat. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dari tiga aspke persepsi masyarakat terhadap zakat burung walet daintaranya Aspek Kognitif, aspek afektif dan aspek konatif selanjutnya dari ketiga indikator tesebut persepsi masyarakat terhadap zakat sarang burung wallet di Desa Sungai Segajah Makmur Kecamatan Kubu Kabupaten Rokan Hilir dilihat dari aspek kognitif, masyarakat kurang mengetahui tentang adanya zakat yang harus dikeluarkan terhadap sarang burung walet dikarenakan masih rendahnya pengetahuan tentang zakat harta dan belum adanya sosialisai dari pihak desa, kemudian dilkihat dari aspek afektif masyarakat Desa Sungai Segajah Makmur masih kurang sadar terhadap zakat sarang burung wallet serta masih kurang kepedulian terhadap zakat burung wallet. Dan dari aspek konotatif masyarakat Desa Sungai Segajah Makmur belum maksimal tindakan yang telah dilakukan untuk zakat sarang burung wallet . Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, Zakat Sarang Burung Walet.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 24 Jan 2023 04:04
Last Modified: 24 Jan 2023 04:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65339

Actions (login required)

View Item View Item