Mira Oktafiani, - (2022) Pengaruh Penerapan Konsep Syariah Terhadap Penjualan Produk Multi Level Marketing Syariah Business Center Halal Network International - Herba Penawar Alwahida Indonesia Pekanbaru 4. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
File Hasil Penelitian (Bab IV dan atau Bab V).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (632kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi dan pengetahuan yang pesat memberikan berbagai dampak, termasuk adanya berbagai macam sistem perdagangan, sehingga perlu dikaji hukumnya. Salah satu inovasi dalam perdagangan yang saat ini berkembang yaitu Multi Level Marketing (MLM). Namun banyak masyarakat berpandangan bahwa bisnis MLM merupakan bisnis abal-abal. Dengan adanya penerapan konsep syariah dalam MLM yang lebih dikenal dengan Multi Level Marketing Syariah, diharapkan dapat mengubah stigma negatif masyarakat mengenai MLM. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan konsep syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan produk MLM Syariah BC HNI-HPAI Pekanbaru 4? Bagaimana tinjauan Ekonomi Islam terhadap sistem penjualan BC HNI-HPAI Pekanbaru 4? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif dan asosiatif dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jumlah populasi 194 agen dengan jumlah sampel 66 agen. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Data bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji instrumen penelitian, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dengan uji t, uji koefisien korelasi sederhana, uji koefisien korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan konsep syariah berpengaruh positif dan signifikan terhadap penjualan produk MLM Syariah BC HNI-HPAI Pekanbaru 4 sebesar 58,4%. Intrumen penelitian teruji valid dan reliabel, data berdistribusi secara normal, tidak terjadi multikolinearitas, tidak terjadi autokorelasi, dan tidak terjadi heteroskedastisitas. Dari hasil uji t dapat diketahui nilai thitung sebesar 9,478 > ttabel 1,999, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel Konsep Syariah (X) berpengaruh terhadap variabel Penjualan Produk (Y). Sistem penjualan pada BC HNI-HPAI Pekanbaru 4 telah sesuai dengan tinjauan ekonomi Islam. Kata Kunci: Konsep Syariah, Penjualan Produk, Multi Level Marketing Syariah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 24 Jan 2023 03:50 |
Last Modified: | 24 Jan 2023 03:50 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65329 |
Actions (login required)
View Item |