Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH EKONOMI DIGITAL TERHADAP DAYA SAING USAHA KONVEKSI DI KOTA BUKITTINGGI DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

IZATUL MUTMAINAH, - (2022) PENGARUH EKONOMI DIGITAL TERHADAP DAYA SAING USAHA KONVEKSI DI KOTA BUKITTINGGI DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (953kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI IZATUL MUTMAINAH.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Izatul Mutmainah, (2022): Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Daya Saing Usaha Konveksi Di Kota Bukittinggi Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi informasi dan terciptanya sistem ekonomi digital yang membuat persaingan usaha semakin ketat. Usaha konveksi merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki peluang untuk suskses di era ekonomi digital karena produk-produk konveksi merupakan item fashion yang digemari oleh semua kalangan tanpa batas usia. Konveksi merupakan salah satu jenis usaha yang menggerakkan sebagian besar perekonomian masyarakat di Kota Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh ekonomi digital terhadap daya saing usaha konveksi dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap pengaruh ekonomi digital terhadap daya saing usaha konveksi di kota Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Variabel independen dalam penelitian ini adalah ekonomi digital dan variabel dependennya adalah daya saing. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha konveksi di Kota Bukittinggi yang telah menggunakan ekonomi digital dalam menjalankan kegiatan bisnisnya yang berjumlah 439 orang. Sampel penelitian berjumlah 81 orang dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana, uji hipotesis, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi linear sederhana yaitu Y= 17,747+0,310x yang menunjukkan bahwa ekonomi digital berpengaruh secara signifikan terhadap daya saing usaha konveksi di Kota Bukittinggi dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,318 > 1,664) dan nilai Sig <  (0,000 < 0,005). Dari hasil uji koefisien korelasi diperoleh angka koefisien sebesar 0,579 yang berarti tingkat keeratan hubungan antar variabel adalah moderat. Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R square sebesar 0,336 yang artinya ekonomi digital mempengaruhi daya saing usaha konveksi di kota Bukittinggi sebesar 33,6%.sedangkan sisanya sebesar 66,4% dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Ditinjau menururt ekonomi syariah sebagian besar pelaku usaha konveksi di Kota Bukittinggi sudah menerapkan sudah menerapkan prinsip-prinsip bisnis yang diajarkan dalam islam yaitu prinsip tauhid, prinsip keadilan, prinsip kenabian, prinsip khilafah dan prinsip ma’ad. Kata Kunci: Ekonomi Digital, Daya Saing, Konveksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jan 2023 01:14
Last Modified: 24 Jan 2023 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65320

Actions (login required)

View Item View Item