Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN FIQIH ASPEK KETERAMPILAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 INDRAGIRI HILIR

RABIATUL JURMIAH, - (2023) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN FIQIH ASPEK KETERAMPILAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Rabiatul Jurmiah, (2022): Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Fiqih Aspek Keterampilan Kuriulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fiqih aspek keterampilan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 3 orang guru Fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fiqih aspek keterampilan kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Indragiri Hilir dikategorikan “baik” dibuktikan dengan hasil presentase observasi pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fiqih sebesar 61.7%. Dalam pelaksanaan evaluasi guru sudah melakukan penyampaian indikator penilaian namun tidak ada berkas secara tertulis hanya disampaikan saja, guru mengamati praktik yang dilaksanakan siswa dengan baik. Namun terdapat beberapa hal yang belum dilaksanakan, yaitu guru belum menggunakan format penilaian keterampilan yang sesuai dengan aturan, dan guru belum melakukan tindak lanjut terhadap hasil evaluasi pembelajaran siswa. Faktor pendukung dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, yaitu dukugan dari pihak sekolah, tersedianya sumber belajar, penguasaan materi oleh peserta didik, dan motivasi siswa dalam belajar. Faktor penghambatnya, yaitu kurangnya sarana prasarana yang menunjang pelaksanaan evaluasi pembelajaran seperti halnya dalam pelaksanaan praktik shalat jenazah, peralatan seperti kaian kafan, boneka dan lain sebagainya hanya dipersiapkan oleh siswa. Kata Kunci: Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Fiqih Aspek Keterampilan Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2023 08:02
Last Modified: 20 Jan 2023 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65299

Actions (login required)

View Item View Item