Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

MIRA ANGGRIANI, - (2022) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Mira Anggriani, (2022): Pelaksanaan Penilaian Autentik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian autentik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif jenis studi kasus. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berjumlah 9 orang. Adapun informan pendukung yaitu satu orang guru fikih dan dokumen instrumen penilaian autentik yang digunakan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Pekanbaru sudah menerapkan penilaian autentik meliputi kompetensi pengetahuan, sikap dan keterampilan. Penilaian kompetensi pengetahuan menggunakan teknik penilaian tes tertulis, tes lisan dan penugasan dalam kategori sangat baik. Penilaian kompetensi sikap menggunakan teknik penilaian observasi, penilaian diri, penilaian antar teman dan penilaian jurnal dalam kategori cukup baik. Penilaian kompetensi keterampilan menggunakan teknik penilaian praktik, penilaian proyek dan penilaian portofolio dalam kategori baik. Faktor-faktor yang mempengaruhinya meliputi faktor internal, melakukan perencanaan penilaian, mempersiapkan sumber utama bahan ajar, faktor eksternal, mengecek keabsahan buku pegangan peserta didik, ketersediaan sarana dan prasarana madrasah. Kata Kunci: Pelaksanaan, Penilaian Autentik, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2023 04:26
Last Modified: 20 Jan 2023 04:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65259

Actions (login required)

View Item View Item