Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDIT Fadhilah Pekanbaru.

INDAH RAHAYU DEWI SAPITRI, - (2023) Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDIT Fadhilah Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKANBARU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indah Rahayu Dewi Sapitri, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization untuk meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDIT Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini tertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada mata pelajaran matematika melalui model pembelajaran team assisted individualization di kelas IV SDIT FadhilahPekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah 1 orang guru dan dan 30 siswa dan objek penelitiannya adalah model pembelajaran team assisted individualization dan kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dan tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 6 orang siswa atau 20% berada pada kategori baik, 5 orang siswa atau 16.67% berada pada kategori cukup, 11 orang siswa atau 36.67% berada pada kategori kurang, dan 8 orang siswa atau 26.67% berada pada kategori sangat kurang. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan melalui model pembelajaran team assisted individualization pada siklus I kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan, dimana 4 orang siswa atau 13.33% berada pada kategori baik sekali, 8 orang siswa atau 26.67% pada kategori baik, 15 orang siswa atau 50% pada kategori cukup dan 3 orang siswa atau 10% pada kategori kurang. Pada siklus II kemampuan pemecahan masalah ma t ema t i ka siswa mengalami peningkatan secara s ignifikan dibandingkan siklus I. Pada siklus ini 14 orang atau 46.67% berada kategori baik sekali, 9 orang siswa atau 30% pada kategori baik dan 7 orang siswa atau 23.33% pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran team assisted individualization dapat meningkat kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDIT Fadhilah Pekanbaru. Kata kunci: Model Pembelajaran Team Assisted Individualization, Kemampuan Pecahan Masalah Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jan 2023 03:34
Last Modified: 20 Jan 2023 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65247

Actions (login required)

View Item View Item