Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD BABUSSALAM PEKANBARU

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD BABUSSALAM PEKANBARU. FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI SALSABILA AZHARA BAKRI.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Salsabila Azhara Bakri, (2022): Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan Non-Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Babussalam Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 69 orang dan terbagi dalam 2 kelas. Sampel penelitian ini dipilih mengunakan teknik Purpositive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika melalui soal uraian. Sementara data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik inferensial dengan teknik uji-t. Berdasarkan analisis data, terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah antara siswa belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan siswa yang belajar melalui pembelajaran ekspositori dengan nilai thitung sebesar 4,336 dan nilai ttabel dengan taraf signifikan 5% dan dk = 29, sebesar 1,699, dengan demikian maka thitung > ttabel. Berdasarkan temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SD Babussalam Pekanbaru. Kata kunci: Problem Based Learning, Kemampuan Pemacahan Masalah

Item Type: Patent
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:14
Last Modified: 19 Jan 2023 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65216

Actions (login required)

View Item View Item