Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERBEDAAN HARGA MAKAN ANTARA MOBIL ANGKUTAN BARANG DENGAN PENUMPANG BUS ANGKUTAN UMUM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Kasus di Rumah Makan Kelok Indah Desa Tanjung Pauh Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota)

ALDO FERNANDO, - (2023) PERBEDAAN HARGA MAKAN ANTARA MOBIL ANGKUTAN BARANG DENGAN PENUMPANG BUS ANGKUTAN UMUM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi Kasus di Rumah Makan Kelok Indah Desa Tanjung Pauh Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALDO FERNANDO.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aldo Fernando (2023) Perbedaan Harga Makan Antara Mobil Angkutan Barang Dengan Penumpang Bus Angkutan Umum Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus Di Rumah Makan Kelok Indah Desa Tanjung Pauh Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota) Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi dengan adanya konsep perbedaan harga yang diterapkan di Rumah Makan Kelok Indah yang terletak di Desa Tanjung Pauh Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Harga makan supir angkutan barang dihargai lebih murah dibanding dengan harga makan penumpang bus angkutan umum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep perbedaan harga makan antara supir bus angkutan barang dengan penumpang bus angkutan umum dan bagaimana tinjauan Fiqh Muamalah terhadap perbedaan harga makan antara mobil angkutan barang dengan penumpang bus angkutan umum di Rumah Makan Kelok Indah Desa Tanjung Pauh Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui konsep dan tinjauan fiqh muamalah terhadap perbedaan harga makan di Rumah Makan Kelok Indah. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sampel yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang , 1 orang owner Rumah Makan Kelok Indah, 1 orang supir mobil angkutan barang, 1 orang supir mobil angkutan umum serta 1 orang penumpang mobil angkutan umum. Selanjutnya data yang ada dikumpulkan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif yaitu menguraikan dan menggambarkan pokok permasalahan yang ada, sehingga penguraian tersebut dapat diambil kesimpulannya. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa perbedaan harga di Rumah Makan Kelok Indah itu terjadi karena jenis pengunjung yang berbeda. Pengunjung seperti mobil angkutan barang di hargai Rp.17.000 perporsi, sedangkan pengunjung dari penumpang mobil angkutan umum dihargai Rp.20.000 perporsi. Perbedaan harga ini disebabkan karena adanya kerjasama antara rumah makan kelok indah dengan supir bus angkutan umum yang menyebabkan rumah makan kelok indah harus mengluarkan biaya tambahan, oleh karena itu penumpang mobil angkutan umum di diberikan harga sedikit lebih tinggi dibanding mobil angkutan barang. Tinjauan Fiqh Muamalah terhadap perbedaan harga di rumah makan kelok indah adalah sah dan boleh Hal ini karena tidak ada pihak yang berhak menetapkan harga kecuali rumah makan itu sendiri. Penentuan harga tersebut juga terjadi akibat adanya keseimbangan antara permintaan dengan penawaran sebagaimana yang diajarkan Islam. Kata Kunci: Rumah Makan Kelok Indah, Fiqh Muamalah, Harga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 20 Jan 2023 07:41
Last Modified: 20 Jan 2023 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65215

Actions (login required)

View Item View Item