Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMBERIAN ASI YANG TIDAK SEMPURNA DUA TAHUN DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus : Desa Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar)

INDRA KURNIAWAN, - (2022) PEMBERIAN ASI YANG TIDAK SEMPURNA DUA TAHUN DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM (Studi Kasus : Desa Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Indra Kurniawan (2022): Pemberian ASI Yang Tidak Sempurna Dua Tahun Di Tinjau Dari Hukum Islam (Studi Kasus Dea Alampanjang Kabupaten Kampar) Latar Belakang dalam penelitian ini yakni ASI merupakan bahan makanan yang diberikan Allah SWT kepada seorang bayi melalui payudara ibunya selama dua tahun pada awal masa kehidupannya. Menyusui sebaiknya dilakukan setelah proses kelahiran bayi dan setiap bayi menyusu kepada ibunya. Bayi pada saat itu diberikan dengan susu kolostrum. Kolostrum merupakan nutrisi pertama paling penting bagi bayi, karena mengandung antibodi yang melindungi bayi dari infeksi dan faktor pertumbuhan yang membantu perkembangan secara normal. Tujuan dalam penelitian ini yakni untuk menegetahui Apa Faktor Penyebab Pemberian ASI Tidak Sempurna Dua Tahun Di Desa Alam Panjang Kabupaten Kampar dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap Pemberian ASI Yang Tidak Sempurna Dua Tahun, metode yang di gunakan dalam penelitian ini yakni, Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang objeknya mengenai faktor penyebab atau peristiwa-peristiwa yang terjadi pada kelompok masyarakat Penelitian ini dilakukan di desa Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah ibu yang menyusui akan tetapi tidak sempurna dua tahun lama penyusuannya. Objek penelitian ini adalah tinjauan hukum Islam terhadap pemberian ASI Dua tahun. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang menyusui bayinya berjumlah 117 ibu menyusui di Desa Alam Panjang Kecamatan Rumbio Jaya Kabupaten Kampar. Sampel yang diambil adalah 50 orang ibu yang tidak menyusui anaknya terhitung dari tahun 2020 dengan menggunakan teknik total sampling yaitu penarikan sampel yang dilakukan dengan mengambil sampel secara keseluruhan. Sumber data data primer dan data sekunder dan data tersier, teknik pengumpulan data megnunakan metode obsevasi, interview (wawancara) teknik penulisan deskriktif, deduktif dan induktif. Dari penelitian yang dilakukan penelitian maka dapat di ambil hasil penelitian yakni: Faktor yang menyebabkan seorang ibu tidak sempurna menyusui selama dua tahun penuh di Desa Alam Panjang adalah pertama faktor kesehatan yang menghambat penyusuan seperti: air susunya tidak keluar. Faktor kedua ibu seorang wanita karir/bekerja yang membuat ibu kesulitan membagi waktu antara bekerja dan menyusui anaknya. Ketiga karena anak berhenti sendiri penyebab anak berhenti sendiri yaitu karna ASI terlalu sedikit sehingga anak tidak merasa puas dan berhenti sendiri. Kata Kunci : Pemberian, Tidak Sempurna, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jan 2023 01:45
Last Modified: 19 Jan 2023 01:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65206

Actions (login required)

View Item View Item