SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE ANP (ANALYTIC NETWORK PROCESS) (Studi Kasus: PT. Bank Syari’ah Mega Indonesia, KCP Baganbatu)

Yuli Handayani, (2011) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN PRIORITAS KELAYAKAN PEMBERIAN KREDIT MENGGUNAKAN METODE ANP (ANALYTIC NETWORK PROCESS) (Studi Kasus: PT. Bank Syari’ah Mega Indonesia, KCP Baganbatu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011138.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Bank Mega Syariah Indonesia merupakan salah satu bank yang melakukan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah. Salah satu cabang bisnis dari BMS adalah Mega Mitra Syariah. Mega Mitra Syariah merupakan sebuah bisnis usaha yang bergerak dalam bidang simpan pinjam yang focus dalam melayani usaha kecil dan menengah secara syariah. Selama ini account officer dan menejer dalam menentukan pemilihan terhadap nasabah yang layak mendapatkan kredit mengalami kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama karena banyaknya kriteria penentu yang harus dipertimbangkan, kurang objektifnya account officer dalam memberikan data hasil analisa dan data-data tersebut disimpan dalam banyak file. Oleh karena itu perlu dibuat suatu sistem yang dapat membantu account officer untuk mengatasi hal tersebut. Sistem yang dirancang adalah sistem pendukung keputusan untuk menentukan nasabah yang layak mendapatkan kredit/pembiayaan menggunakan metode Analytic Network Process (ANP), ANP merupakan suatu metode yang mampu memperbaiki kelemahan metode AHP berupa kemampuan mengakomodasi keterkaitan antar kriteria atau alternative. Adapun kriteria dalm menentukan nasabah yang layak mendapatkan kredit adalah 5C yaitu, Karakter, Kapasitas, Kondisi, Kapital dan Jaminan. Sistem ini dirancang dan dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis PHP dan MySQL, sehingga lebih memudahkan dalam mengaksesnya, jika terdapat pada suatu jaringan lokal atau internet. Dari hasil pengujian berdasarkan Black Box dan User Acceptence Test. Sistem ini mampu untuk menangani banyak perbandingan alternatif nasabah dan layak digunakan. Selain itu waktu yang dibutuhkan untuk menentukan nasabah yang layak akan lebih cepat dan dihasilkan akan lebih objektif. Kata Kunci: Analytic Network Process, Kredit, MySQL, Pembiayaan, PHP, Pendukung Keputusan, Sistem.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item View Item