Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektifitas Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Penggunaan Jalan Untuk Kepentingan Pribadi Perspektif Maslahah Mursalah (Studi Kasus Pelaksanaan Pesta di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru)"

Ahmad Fauzi, - (2022) Efektifitas Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Penggunaan Jalan Untuk Kepentingan Pribadi Perspektif Maslahah Mursalah (Studi Kasus Pelaksanaan Pesta di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru)". Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECAULIA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Fauzi (2022): " Efektifitas Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2012 Tentang Penggunaan Jalan Untuk Kepentingan Pribadi Perspektif Maslahah Mursalah (Studi Kasus Pelaksanaan Pesta di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru)" Latar Belakng dalam penelitian ini yakni akan membahas masalah, efektifitas peraturan kepolisian Nomor 10 Tahun 2012 tentang penggunaan jalan untuk kepentingan pribadi perspektif maslahah mursalah (studi kasus pelaksanaan pesta di Kecamatan Marpoyan Damai Kota Pekanbaru, permasalahan yang mau peneliti lihat dalam penelitian ini yakni bagaimana peraturan penggunaan jalan umum pada pelaksanaan pesta pernikahan berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2012 dan bagaimana tinjauan maslahah mursalah terhadap penggunaan jalan umum untuk pesta pernikahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), lokasi penelitian penelitian ini berlokasi di kecamatan marpoyan damai, kota pekanbaru. subjek dan objek penelitian orang yang melaksanakan pesta pernikahan dengan penggunaan jalan umum di kecamatan marpoyan damai, kota pekanbaru. adapun populasi dalam penelitian ini adalah 6 orang. sumber data dalam penelitian ini yakni data primer, data sekunder dan data tersier teknik pengumpulan data yakni : observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka adal teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. metode penulisan dengan mengunakan metode, induktif, deduktif, dan deskriptif. Dari hasil penelitian di atas maka peneliti menarik kesimpulan Bahwa penggunaan jalan umum untuk pesta pernikahan sudah diatur dalam Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2012 Tentang pengaturan lalu lintas dalam keadaan tertentu dan penggunaan jalan selain untuk kegiataan lalu lintas. Penggunaan jalan selain untuk kegiatan lalu lintas dapat dilakukan setelah mendapat izin dari kepolisian, jika mengakibatkan penutupan jalan harus ada jalan alternatif dengan rambu-rambu lalu lintas sementara. Prosedur pengajuan permohonan izin dijelaskan pada Pasal 17 Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2012. dan bahwa pada dasarnya islam melarang penggunaan jalan umum untuk kepentingan pribadi karena mengganggu ketertiban umum. adanya Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2012 Tentang pengaturan jalan dalam keadaan tertentu dan penggunaan jalan selain untuk kegiatan lalu lintas bertujuan agar kemaslahatan tercapai baik untuk pengguna jalan untuk lalu lintas maupun pengguna jalan untuk pesta pernikahan. Kata kunci: Efektifitas, Penggunaan Jalan, Mursalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:05
Last Modified: 19 Jan 2023 02:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65194

Actions (login required)

View Item View Item