Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK PROGRAM EKONOMI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL PERTAMINA HULU ROKAN (LAZnas PHR) KARYAWAN MUSLIM ROKAN KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH

RANI KARMILA SARI, - (2022) MODEL PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK PROGRAM EKONOMI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL PERTAMINA HULU ROKAN (LAZnas PHR) KARYAWAN MUSLIM ROKAN KECAMATAN RUMBAI PESISIR KOTA PEKANBARU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi Zakat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam yang mampu atau telah mencapai nisab dalam hartanya. Zakat memiliki peranan yang sangat startegis dalam upaya pengentasan kemiskinan atau pembangunan ekonomi. zakat mempunyai kedudukan paling dalam struktur ekonomi keagamaan dari mekanisme keuangan Islam yaitu zakat termasuk kedalam rukun Islam yang keempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pemberdayaan ekonomi mustahik program ekonomi LAZnas PHR karyawan muslim rokan Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru menurut ekonomi Islam. Metode Penelitian adalah penelitian kualitatif yang akan di lakukan secara lansung dilapangan. penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data secara langsung melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan model pemberdayaan ekonomi mustahikdi LAZnas PHR ada dua pemberdayaan yaitu modal usaha mandiri dan model usaha kelompok dengan menggunakan model Pemberdayaan ekonomi mustahik yaitu administrasi, survey, validasi, penyaluran dan visit. Pemberdayaan modal usaha mustahik ini pinjaman tanpa bunga dan akan di kembalikan jika mustahik berhasil mengembalikan cicilan modal usaha yang telah dipinjam sebelumnya ke LAZnas PHR. dipemberdayaan ekonomi mustahik ini dapat mengembangkan dan mempertakankan perekonomian mereka. Program ekonomi LAZnas PHR perlu melakukan evaluasi untuk lebih memperhatikan mustahik diprogram ekonomi visit dengan konsisten dan penjelasan untuk proses tahap selanjutnya. Kata kunci :model pemberdayaan ekonomi mustahik, menurut ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:09
Last Modified: 19 Jan 2023 04:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65186

Actions (login required)

View Item View Item