Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMAHAMAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA PENGALIHAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR TENTANG IKHTIAR DAN TAWAKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL TANGKAPAN IKAN

YULI PERMATA SARI, - (2023) PEMAHAMAN MASYARAKAT NELAYAN DI DESA PENGALIHAN KECAMATAN KERITANG KABUPATEN INDRAGIRI HILIR TENTANG IKHTIAR DAN TAWAKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL TANGKAPAN IKAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas pemahaman masyarakat nelayan di Desa Pengalihan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir tentang ikhtiar dan tawakal dalam peningkatan hasil tangkapan ikan mereka. Tujuannya untuk menjelaskan pemahaman mereka tentang ikhtiar dan tawakal dalam pekerjaan mereka sebagai nelayan. Masyarakat nelayan identik dengan masyarakat miskin. Kemiskinan bagi masyarakat nelayan terdapat beberapa fakta seperti hasil tingkat pendapatan dan pendidikan yang masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tangkapan laut yang kurang maksimal, alat tangkap yang digunakan masih kurang memadai dan tempat penjualan atau tempat pelelangan ikan kurang menjanjikan. Agar penelitian ini lebih terarah, maka penulis merumuskan permasalahan, yaitu 1. Bagaimana pemahaman masyarakat nelayan Desa Pengalihan Kecamatan Keritang Kabupaten Indragiri Hilir tentang ikhtiar dan tawakal dalam peningkatan hasil tangkapan? 2. Faktor-faktor apa saja yang Mempengaruhi Pendapatan Masyarakat Nelayan untuk peningkatan hasil? Untuk meneliti masalah tersebut, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi di lapangan, wawancara terhadap 10 orang informan dan dokumentasi dari berbagai referensi terkait. Hasil penelitian ini yaitu masyarakat nelayan Desa Pengalihan Kecamatan Keritang memahami tentang ikhtiar dan tawakal yakni sebagai upaya untuk mendapatkan hasil tangkapan di laut dan harus disertai dengan tawakal atau berserah diri kepada Allah tentang hasil tangkapan ikan yang diperoleh. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan masyarakat nelayan untuk peningkatan hasil tangkapan adalah faktor kemiskinan dan keterbatasan peralatan serta modal, faktor alam yang membatasi hasil tangkapan, pendidikan yang rendah dan aspek pengamalan agama yang masih terbatas karena berbenturan dengan pekerjaan nelayan di laut. Kata kunci : Ikhtiar, Tawakal, Nelayan, Desa Pengalihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Aqidah dan Filsafat
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:54
Last Modified: 19 Jan 2023 02:54
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65184

Actions (login required)

View Item View Item