Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMANFAATAN COFIRING TANDAN KOSONG DAN FIBER SEBAGAI BAHAN BAKAR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (Studi Kasus: Pt. Perkebunan Nusantara V Tandun)

DODI ISWANDI, - (2023) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMI PEMANFAATAN COFIRING TANDAN KOSONG DAN FIBER SEBAGAI BAHAN BAKAR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA UAP (Studi Kasus: Pt. Perkebunan Nusantara V Tandun). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
kecuali BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
hanya BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

PKS Tandun merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan kelapa sawit. Pada Proses pengolahan kelapa sawit terdapat dua jenis limbah yang ada di PKS Tandun yaitu limbah cair dan limbah padat limbah cair yang dihasilkan yaitu POME (palm.oil.mill.effluent) dan limbah padat terdiri dari cangkang, fiber, dan tandan kosong. Saat ini limbah cair sudah dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBG) sedangkan limbah padat cangkang dan fiber juga sudah dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik tenaga uap, namun hingga saat ini PKS Tandun belum memaksimalkan limbah yang tersisa yaitu tandan kosong. Potensi limbah terbesar yang ada di PKS Tandun yaitu tandan kosong sebesar. Potensi limbah terbesar di PKS Tandun yaitu tandan kosong 22%, fiber 13% dan cangkang sebesar 6.5%. Limbah tandan kosong menimbulkan masalah bagi PKS Tandun limbah tandan kosong memerlukan tempat yang cukup luas untuk menampung limbah tandan kosong selain menghasilkan aroma yang tidak sedap, limbah tandan kosong juga dapat menggangu lingkungan karena tumpukan tandan kosong menjadi tempat berkembangnya hama. Dengan potensi tandan kosong yang besar penelitian ini akan mensubtitusi bahan bakar tandan kosong menggantikan cangkang karena cangkang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi energi listrik dari pemanfaatan limbah tandan kosong dan limbah fiber menggantikan cangkang dari aspek teknis dan ekonomi. Adapun metode yang digunakan pada penelitan ini adalah metode cofiring bahan bakar dengan Siklus Rankine pada PLTU menggunakan hukum pertama termodinamika dengan bantuan pemograman Software Engineering Equation Solver (EES). Daya yang dihasilkan pada kondisi eksiting PLTU sebesar 947.6 kW hal ini tidak jauh berbeda dengan data yang didapatkan dari perusahaan dimana daya listrik yang dihasilkan sebesar 1000 kW, Untuk potensi daya listrik PLTU pada kondisi cofiring dengan memanfaatkan limbah Tandan kosong dan fiber, didapatkan daya yang dihasilkan sebesar 1251 kW, dengan daya yang dihasilkan PLTU kondisi cofiring dapat memenuhi kebutuhan listrik sebelumnya yang menggunakan bahan bakar cangkang dan fiber.Perhitungan Pada aspek kelayakan ekonomi nilai Net Present Value (NPV) bernilai positif yaitu sebesar Rp.318.485.677.621, PayBack Period (PBP) 0.18 Tahun. Kata Kunci: Tandan Kosong, fiber , Cofiring, PLTU,EES.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:21
Last Modified: 19 Jan 2023 02:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65158

Actions (login required)

View Item View Item