Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI HADITS TENTANG HAK MUSLIM TERHADAP MUSLIM LAINNYA DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KUBANG PEKANBARU (STUDI LIVING HADIS)

NIKEN AYU, - (2022) IMPLEMENTASI HADITS TENTANG HAK MUSLIM TERHADAP MUSLIM LAINNYA DI PONDOK PESANTREN DARUL QUR’AN KUBANG PEKANBARU (STUDI LIVING HADIS). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (765kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: “Implementasi Hadis Tentang Hak Muslim Terhadap Muslim Lainnya Di Pondok Pesantren Darul Qur’an Kubang Pekanbaru (Studi Living Hadis)”. Ditengah hiruk pikuk dunia sekarang ini sering dijumpai disekitar kita minimnya rasa sosial dan moral diantara manusia disebabkan kurang terjalinnya hubungan baik diantara sesama. Padahal agama Islam sangat memperhatikan hubungan sesama umatnya secara menyeluruh agar bangunan ukhuwah islamiyyah tetap kokoh dan kuat yakni dengan mengatur hak dan kewajiban umatnya. Hak muslim ialah perintah yang dituntut untuk dikerjakan dengan adanya penekanan dan jangan sampai ditinggalkan karena bisa hukumnya wajib atau sunnah yang sangat dianjurkan, seperti yang terdapat dalam suatu hadis Rasulullah Saw. Maka dari itu perlunya pengaplikasian hadis tersebut karena masih kurangnya pelaksanaan masyarakat terhadap hal itu. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini yaitu bagaimana pemahaman hadis hak muslim terhadap muslim lainnya dan bagaimana implementasi hadis tersebut di Pondok Pesantren Darul Qur’an Kubang Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan metode penelitian kualitatif yaitu menggambarkan atau menganalisa hasil dari pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari sumber penelitian dan juga menggunakan metode living hadis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum santri dapat melaksanakan hak muslim terhadap muslim lainnya. Mereka memahami bagaimana sikap yang harus ditunjukkan kepada saudara seimannya dan memahami hakikat hak sesama muslim itu sesuai dengan hadis yang telah disampaikan oleh Rasulullah Saw. Kata Kunci: Living Hadis, Implementasi, Hak Muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Hadis
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:27
Last Modified: 18 Jan 2023 08:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65136

Actions (login required)

View Item View Item