Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Bimbingan Pra-nikah Terhadap Kecemasan Calon Pangantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan

Lita Rasida Manurung, - (2023) Pengaruh Bimbingan Pra-nikah Terhadap Kecemasan Calon Pangantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Lita Rasida Manurung (2022) : Pengaruh Bimbingan Pra-nikah Terhadap Kecemasan Calon Pangantin di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Manusia dikenal dengan permasalahan yang beragam, salah satu permasalahannya adalah kecemasan. Seperti halnya melangsungkan pernikahan. Sebelum dilakukannya ijab qobul, calon pengantin akan melaksanakan kegiatan bimbingan pra-nikah selama 1 hari yang dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) di daerah setempat. Dengan adanya bimbingan pra-nikah diharapkan calon pengantin dapat berfikir lebih positif dan di jauhkan dari perasaan cemas dan khawatir yang timbul menjelang hari perikahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah desktiptif kuantitatif dengan menggunakan teknik total sampling dimana, jumlah populasi dan sampel memiliki jumlah yang sama yaitu 60 responden. Setelah data terkumpul, selanjutnya data diolah menggunakan SPSS 24.0 for windows. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah adanya pengaruh signifikan antara bimbingan pranikah terhadap kecemasan dengan nilai signifikansi 0,0025 < 0,05. thitung sebesar 2,296 dengan nilai signifikansi 0,0025. Berdasarkan pada dasar pengambilan keputusan pada uji t diperoleh hasil 2,296 > 2,002 dan 0,025 < 0,05. Dari hasil yang didapatkan bahwa dapat disimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara variabel bimbingan pra-nikah terhadap kecemasan. Serta tingkat kecemasan yang dialami oleh calon pengantin laki-laki adalah 48,8% berada pada tingkat kecemasan sedang dan tingkat kecemasan pada calon pengantin perempuan adalah 51,1% berada pada tingkat kecemasan sedang. Kata Kunci : Bimbingan Pra-nikah, Kecemasan Calon Pengantin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:34
Last Modified: 18 Jan 2023 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65132

Actions (login required)

View Item View Item