Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN ORGAN DALAM BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnix japonica)

Novendra Dee Ilham Bahren, - (2022) PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN ORGAN DALAM BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnix japonica). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

PENGARUH SUBSTITUSI TEPUNG IKAN DENGAN TEPUNG JEROAN IKAN PATIN (Pangasius hypopthalmus) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS DAN ORGAN DALAM BURUNG PUYUH (Coturnix-coturnix japonica) Novendra Dee Ilham Bahren (11681102812) Di bawah bimbingan Bapak Edi Erwan dan Ibu Zumarni INTISARI Salah satu penunjang optimalitas karkas burung puyuh adalah kualitas pakan khususnya protein. Bahan pakan yang diandalkan sebagai sumber protein dalam ransum unggas adalah tepung ikan. Jeroan ikan patin (Pangasius hypopthalmus) merupakan salah satu alternatif pengganti ketersediaan tepung ikan karena kandungan protein yang tinggi berkisar 37-56% dari jeroan ikan patin memungkinkan untuk dijadikan sebagai sumber protein dalam ransum ternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh substitusi tepung ikan dengan tepung jeroan ikan patin (Pangasius hypopthalmus) dalam ransum terhadap persentase karkas dan organ dalam burung puyuh (Coturnix-coturnix japonica). Penelitian ini menggunakan 100 ekor puyuh yang dibagi secara acak berdasarkan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Tiap-tiap perlakuan terdiri atas 4 ekor puyuh. Perlakuan yang diberikan yaitu P0 (ransum basal dengan 100% TIK (Tepung Ikan) + 0% tepung JIP (Jeroan Ikan Patin) sebagai kontrol), P1 (ransum basal dengan 75% TIK + 2,5% tepung JIP), P2 (ransum basal dengan 50% TIK + 5% tepung JIP), P3 (ransum basal dengan 25% TIK + 7,5% tepung JIP) dan P4 (ransum basal dengan 0% TIK + 10% tepung JIP). Parameter yang diukur adalah persentase karkas (%), persentase ampela (%), persentase hati (%), persentase jantung (%) dan bobot badan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian tepung JIP sampai 10% tidak berpengaruh nyata (P>0,05) terhadap bobot badan akhir puyuh, persentase karkas, persentase ampela, persentase hati dan persentase jantung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian ransum yang mengandung tepung jeroan ikan patin hingga level 10% mampu mempertahankan bobot badan akhir, persentase karkas dan organ dalam yang meliputi persentase hati, ampela dan jantung burung puyuh. Kata kunci: Burung Puyuh, Jeroan Ikan Patin, Karkas, Organ Dalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:33
Last Modified: 18 Jan 2023 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65111

Actions (login required)

View Item View Item