Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2010 TENTANG IZIN BANGUNAN DI KELURAHAN SUNGAI SIBAM KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

HAZIZUL FADLY, - (2022) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2010 TENTANG IZIN BANGUNAN DI KELURAHAN SUNGAI SIBAM KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU MENURUT PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI HAZIZUL FADLY.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hazizul Fadly, (2022): Implementasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Izin Bangunan Di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Bina Widya Kota Pekanbaru Menurut Perseperktif Fiqih Siyasah Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi masalah dari terbitnya Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Izin Bangunan, yang mana pelaksanaan Perda ini di Sungai Sibam belum maksimal dalam hal penerapan di lapangan. Peraturan izin bangunan, kurangnya keseriusan seluruh elemen masyarakat tentunya sasaran untuk mewujudkan tata ruang yang nyaman di Sungai Sibam akan sulit untuk terlaksana. Dalam penelitian ini, penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yakni bagaimana pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Izin Bangunan Di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Bina Widya Kota Pekanbaru, faktor penghambat penerapan dan tinjauan Fiqih Siyasah dalam pelaksanaan Perda ini di Sungai Sibam. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru. Populasi dan sampel secara keseluruhan adalah data yang dikumpulan untuk bahan penelitian. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dan masyarakat di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru. Sedangkan sampel dalam penelitian berjumlah 10 orang yaitu 4 orang pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu satu Pintu (DPMPTSP) Kota Pekanbaru dan 6 orang masyarakat Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Implementasi Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Izin Bangunan Di Kelurahan Sungai Sibam Kecamatan Bina Widya Kota Pekanbaru, penulis berkesimpulan bahwa Perda ini belum maksimal, hal ini karena dilihat dari kesuruhan indikator kurang terimplementasi seperti kurangnya sosialisai yang dilakukan pegawai karena keterbatatasan anggaran, sumber daya masih kurang, disposisi cukup terlaksana, dan kurangnya koordinasi struktur birokrasi dalam pengawasan. Adapun hambatan yaitu kurangnya sosialisasi tentang Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Izin Mendirikan Bangunan kepada masyarakat. Di karenakan minim nya anggaran untuk sosialisasi, belum tersedianya sumber daya yang memadai, kuranganya pengawasan oleh pegawai dalam memberikan sanksi. Hal ini jika ditinjau dari Fiqih Siyasah bahwa Perda Izin Mendirikan Bangunan belum sesuai dengan fiqih siyasah karena peraturan tersebut belum dapat memberikan kemaslahatan bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:46
Last Modified: 18 Jan 2023 04:46
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65104

Actions (login required)

View Item View Item