Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI 164 PEKANBARU

SUCI RAHMADANI, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SQUARE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V PADA MUATAN PELAJARAN MATEMATIKA SD NEGERI 164 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Suci Rahmadani, (2022): Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Square untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V pada Muatan Pelajaran Matematika SD Negeri 164 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada muatan pelajaran matematika kelas V SD Negeri 164 Pekanbaru melalui model pembelajaran think pair square. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 19 orang siswa. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran think pair square dan kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan Pemahaman Konsep siswa sebelum tindakan masih rendah, dimana 1 orang siswa atau 5% berada pada kategori pemahaman baik sekali, 4 orang siswa atau 21% berada pada kategori pemahaman cukup baik, 10 orang siswa atau 53% berada pada kategori pemahaman kurang, dan 4 orang siswa atau 21% berada pada kategori pemahaman kurang sekali. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model pembelajaran think pair square pada siklus I, kemampuan pemahaman konsep siswa meningkat, dimana 3 orang siswa atau 16% pada kategori pemahaman baik sekali, 8 orang siswa atau 42% pada kategori pemahaman baik, 4 orang siswa atau 21% pada kategori pemahaman cukup baik, dan 4 orang siswa atau 21% pada kategori pemahaman kurang. Pada siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan kembali, dimana 6 orang siswa atau 32% pada kategori pemahaman baik sekali, 8 orang siswa atau 42% pada kategori pemahaman baik, 2 orang siswa atau 11% pada kategori pemahaman cukup baik, dan 3 orang siswa atau 16% pada kategori pemahaman kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair square dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V pada muatan pelajaran matematika SD Negeri 164 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think Pair Square, Kemampuan Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:45
Last Modified: 18 Jan 2023 04:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65102

Actions (login required)

View Item View Item