Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISA KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH INDONESIA SEBELUM MERGER (PERIODE TAHUN 2018-2020) DAN SESUDAH MERGER (PERIODE TAHUN 2021)

SAIFUL HABIB, SH (2023) ANALISA KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH INDONESIA SEBELUM MERGER (PERIODE TAHUN 2018-2020) DAN SESUDAH MERGER (PERIODE TAHUN 2021). Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
Saiful Habib - Tanpa Bab IV.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Saiful Habib - Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya merger tiga bank syariah anak perusahaan BUMN yaitu Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah dan Bank Syariah Mandiri menjadi Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kinerja keuangan sebelum merger dan setelah merger dengan harapan bisa menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah dalam melakukan proses merger ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah dan Bank Syariah Mandiri periode tahun 20182020 dan laporan keuangan triwulan Bank Syariah Indonesia tahun 2021. Aspek keuangan yang dinilai dilihat dari beberapa aspek keuangan yaitu aspek likuiditas, profitabilitas, solvabilitas dan kualitas. Aspek likuiditas dapat dilihat melalui rasio Financing to Deposit Ratio (FDR). Aspek profitabilitas dapat dilihat melaui empat rasio antara lain ; Return on Equity (ROE), Return on Asset (ROA), Net Profit Margin (NPM) dan Beban Operasional Terhadap Pendapatan Operasional (BOPO). Aspek Solvabilitas dapat dilihat melalui Capital Adequacy Ratio (CAR). Dan Aspek kualitas dapat dilihat melalui rasio Non Performing Financing (NPF). Metode analisis yang digunakan untuk menajwab hipotesis adalah metode komparatif dengan alat uji beda One Sample t-test untuk data terdistribusi normal dan uji beda wilcoxon Signed Rank Test untuk data berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada variabel ROE, ROA dan BOPO sebelum dan sesudah merger. Sedangkan untuk variabel FDR, NPM, CAR dan NPF tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah merger.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 18 Jan 2023 08:17
Last Modified: 18 Jan 2023 08:17
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65092

Actions (login required)

View Item View Item