Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENEMUKAN POLA DALAM MEMILIH MATA KULIAH PILIHAN (STUDI KASUS: TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU)

Rahmat Budiman, - (2023) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI UNTUK MENEMUKAN POLA DALAM MEMILIH MATA KULIAH PILIHAN (STUDI KASUS: TEKNIK INFORMATIKA UIN SUSKA RIAU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Laporan_Rahmat Budiman_EXCEPT BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
Laporan_Rahmat Budiman_Revisi Sidang(Watermark) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jurusan Teknik Informatika, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau merupakan salah satu organisasi yang menghasilkan riwayat akademik dalam jumlah besar. Riwayat akademik tersebut mengasilkan pengatahuan yang bermanfaat dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Dalam upaya pengumpulan riwayat akademik, Jurusan Teknik Informatika melakukan kebijakan bagi setiap mahasiswa wajib menyelesaikan 145 sks dengan bobot 130 sks untuk matakuliah wajib dan 15 sks untuk matakuliah pilihan. Pada penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya dengan pengujian nilai support dan confidence, dapat diketahui bahwa faktor utama yang mempengaruhi mayoritas mahasiswa dalam memilih matakuliah pilihan adalah dosen pengampu. Sehingga dilakukan konteks pemilihan mata kuliah pilihan dengan mencari hubungan antara potensi akademik mahasiwa pada matakuliah wajib dengan matakuliah pilihan menggunakan algoritma apriori. Data yang digunakan diambil dari data nilai mahasiswa teknik informatika tahun 2015-2018 sebanyak 649 data. Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan tanagra. Berdasarkan pengujian akurasi yang telah dilakukan, ditemukan pola pengambilan matakuliah pilihan berdasarkan matakuliah wajib dengan minimal support 10% dan minimal confidence 60%, dengan pola tertinggi mahasiswa yang mendapatkan nilai kalkulus rendah dan aljabar linear rendah lebih dominan tidak mengambil matakuliah pilihan data mining lanjutan dengan persentase support 31,84% dan cofidance 85,53%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:33
Last Modified: 19 Jan 2023 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/65067

Actions (login required)

View Item View Item