OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN PADA PT. HERLINDO MITRATIRTA PEKANBARU DENGAN METODE NWC (NORTH WEST CORNER) DAN STEPPING STONE

Inayati Fatma, (2011) OPTIMASI PENDISTRIBUSIAN AIR MINUM DALAM KEMASAN PADA PT. HERLINDO MITRATIRTA PEKANBARU DENGAN METODE NWC (NORTH WEST CORNER) DAN STEPPING STONE. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011135.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang muncul pada PT. Herlindo Mitratirta Pekanbaru adalah perusahaan yang belum mampu untuk memenuhi seluruh permintaan konsumen secara merata dengan tepat waktu, keterlambatan datangnya produk ke konsumen sering terjadi, hal ini disebabkan sistem pendistribusian yang kurang baik. Pengambilan produk dari 3 pabrik yang akan disalurkan ke konsumen juga tidak merata, sehingga terjadi penumpukan stok dipabrik tertentu, ditambah lagi biaya distribusi yang mahal, sehingga membuat harga produk ikut melonjak. Jika dibiarkan akan membuat konsumen pindah ke produk lain yang lebih murah dan mudah didapat dipasaran, sehingga perusahaan akan memperoleh kerugian yang besar. Pada tugas akhir optimasi pendistribusian air minum dalam kemasan yang didesain untuk mengoptimasi pendistribusian air minum dengan menggunakan metode North West Corner dan Stepping Stone di PT. Herlindo Mitratirta Pekanbaru, Metode NWC merupakan metode yang mengalokasikan produk berdasarkan kapasitas pabrik dan kebutuhan konsumen yang nilainya kecil, sedangkan Metode Stepping Stone merupakan metode yang bertujuan meminimalkan biaya distribusi dari sumber ke tujuan dengan cara melakukan looping secara terus menerus sampai nilai yang dihasilkan dari perkalian alokasi produk dan biaya bernilai positif, sehingga didapat biaya distribusi yang minimum. Tugas Akhir ini bertujuan mempermudah perusahaan dalam proses pendistribusian barang dari sumber ke tujuan dengan biaya yang minimum. Kata kunci: Distribusi, Minimum, NWC(North West Corner), Stepping Stone.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item