Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KUALITAS FISIK WAFER BERBASIS KULIT NANAS (Ananas Comosus (L) Merr.) DAN TEPUNG DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) DAN BAHAN PEREKAT YANG BERBEDA

RAHMAD ABDA HASIBUAN, - (2022) KUALITAS FISIK WAFER BERBASIS KULIT NANAS (Ananas Comosus (L) Merr.) DAN TEPUNG DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) DAN BAHAN PEREKAT YANG BERBEDA. Skripsi thesis, UNIVERSIITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN(BAB IV).pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENELITAN(BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (871kB)

Abstract

RAHMAD ABDA HASIBUAN(2022) : KUALITAS FISIK WAFER BERBASIS KULIT NANAS (Ananas Comosus (L) Merr.) DAN TEPUNG DAUN GAMAL (Gliricidia sepium) DAN BAHAN PEREKAT YANG BERBEDA Wafer berbasis kulit nanas dan tepung daun gamal dapat menjadi solusi dalam penyediaan bahan pakan. Wafer adalah bahan pakan tambahan yang diberikan pada ternak dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas ternak maupun kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas fisik wafer berbasis kulit nanas dan tepung daun gamal sebagai pakan ternak sapi potong. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Juni 2022 di Laboratorium Nutrisi dan Teknologi Pakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Penelitian ini menggunakan 27 sampel yang dibagi secara acak dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola Faktorial. Faktor A terdiri dari bahan penyusun ransum wafer yaitu A0= 100% kulit nanas, A1= kombinasi 50% kulit nanas + 50% daun gamal, A2= 100% daun gamal dan Faktor B bahan perekat, terdiri dari B0= tanpa perekat, B1= perekat molases, B2= perekat tepung tapioka. Parameter yang diamati meliputi tekstur, warna, aroma, kerapatan, kadar air dan daya serap air. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terdapat interaksi (P<0,01) antara persentase kulit nanas dan tepung daun gamal dengan menggunakan bahan perekat molases dan tepung tapioka terhadap kualitas fisik tekstur, warna, aroma, kerapatan dan kadar air. Kombinasi kulit nanas 50% + daun gamal 50% menghasilkan kualitas fisik terbaik dilihat dari tekstur. Kombinasi kulit nanas 100% + 0% daun gamal menghasilkan kualitas fisik wafer terbaik dilihat dari warna, aroma, kerapatan dan kadar air. Kata kunci: kualitas fisik, kulit nanas, daun gamal, molases, tepung tapioka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:50
Last Modified: 13 Jan 2023 07:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64987

Actions (login required)

View Item View Item