Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA DINAS KOPERASI DAN UKM (USAHA KECIL DAN MENENGAH) KOTA PEKANBARU DALAM MENGOPTIMALKAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

RIFKI MAULANA, - (2022) UPAYA DINAS KOPERASI DAN UKM (USAHA KECIL DAN MENENGAH) KOTA PEKANBARU DALAM MENGOPTIMALKAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RIFKY MAULANA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rifki Maulana (2022) : UPAYA DINAS KOPERASI,USAHA KECIL DAN MENENGAH UKM KOTA PEKANBARU DALAM MENGOPTIMALKAN PENDAPATAN UMKM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH Penelitian Ini berlatar upaya dinas koperasi dan usaha kecil dan menengah UKM (Usaha Kecil Dan Menengah) kota pekanbaru dalam mengoptimalkan pendapatan umkm di kota pekanbaru pada masa pandemi covid-19 ditinjau menurut ekonomi syariah. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana Upaya Dinas koperasi dan UKM (Usaha Kecil Dan Menengah) Kota Pekanbaru dalam Mengoptimalkan Pendapatan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Pada Masa Pandemi Covid-19, Apa faktor pendukung dan penghambat Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Dan Menengah) Kota Pekanbaru dalam mengoptimalkan pendapatan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap Upaya Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Dan Menengah) Kota Pekanbaru dalam Mengoptimalkan Pendapatan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) Pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan lokasi Penelitian dilakukan di Dinas koperasi dan UKM (Usaha Kecil Dan Menengah) Kota Pekanbaru dengan populasi Kepala Dinas Koperasi Kota Pekanbaru, Bid. Pendataan dan Bid. Akuntabilitas. adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling adalah salah satu teknik sampling non random sampling. Dengan metode pengumpulan data yaitu observasu, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Dan Menengah) untuk mengoptimalkan pendapatan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dimasa pandemi COVID-19 adalah seperti pembinaan, pelatihan mengikuti seminar,webinar, zoom meeting, penyuluhan, dan memberikan bantuan untuk pelaku usaha. Selain itu peneliti juga mengetahui kendala Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dalam melakukan pembinaan dimasa pandemi COVID-19, Kemauan pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk berkembang setelah mengikuti program yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) dimasa pandemi COVID-19 sudah bagus, tetapi akibat dari kekurangan biaya tidak semua UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) mendapatkan bantuan ditambah lagi dengan pertumbuhan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang meningkat. Tinjauan ekonomi syariah bahwa kesejahteraan manusia tidak hanya terpenuhinya kebutuhan konsumsi saja tetapi dengan terpenuhinya rasa aman, nyaman, bahagia dan terbebas dari hal-hal yang bersifat bahaya. Kesejahteraan di katakan tidak hanya terpenuhinya kebutuhan ii jasmani saja melainkan rohaniyah juga, dan di balik kesejahteraan tersebut peran Allah Swt yang ikut menentukan, manusia tetap berusaha mensejahterakan dirinya tetapi tetap Allah SWT yang menentukannya. Kata Kunci : UKM ,UMKM,Dinas Koperasi,Pendapatan,covid19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jan 2023 07:52
Last Modified: 13 Jan 2023 07:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64984

Actions (login required)

View Item View Item