Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR

NUR KURNIAWATI, - (2022) EFEKTIVITAS TEKNIK ROLE PLAYING DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN AKTUALISASI DIRI SISWA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 4 KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (714kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR KURNIAWATI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Kurniawati, (2022): Efektivitas Teknik Role Playing dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Aktualisasi Diri Siswa di MAN 4 Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan aktualisasi diri siswa di MAN 4 Kampar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis Pre-Experimental One Group Pretes Posttest. Penelitian ini di lakukan di MAN 4 Kampar populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2021-2022 yang berjumlah 60 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji – t komparasi . Berdasarkan hasil penelitian perolehan rata-rata skor pretest berupa angket aktualisasi diri siswa sebelum diterapkan perlakuan (treatment) sebesar 46,09 sedangkan rata-rata skor posttest sesudah diterapkan perlakuan (treatment) sebesar 97,63 maka dapat dikatakan adanya perbedaan pretest dan postest. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan aktualisasi diri siswa hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon menunjukan thitung < ttabel, 0.003<0.05 yang berarti bahwa teknik role playing dalam layanan bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan aktualisasi diri siswa di sekolah MAN 4 Kampar. Kata kunci: Efektivitas, Teknik Role Playing, Layanan Bimbingan Kelompok, Aktualisasi diri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 12 Jan 2023 08:02
Last Modified: 12 Jan 2023 08:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/64977

Actions (login required)

View Item View Item